Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

18 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Minyak zaitun adalah jenis minyak nabati yang diperoleh dari buah zaitun. Selain dipakai untuk memasak ternyata minyak zaitun juga dipakai dalam industri kosmetik, bahkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman yang berasal dari keluarga oleacease dan genus olea ini memiliki nama ilmiah Olea Europaea. Pohon zaitun memiliki karakteristik yaitu batang berbonggol yang berwarna abu-abu dan juga ramping. Pohon zaitun bisa tumbuh sangat tinggi dan memiliki banyak cabang serta mempunyai rentan hidup yang panjang bahkan sampai ratusan tahun lamanya.

Buah zaitun biasanya dipanen pada saat sudah matang. Dengan buah yang telah berubah warna menjadi kuning kehijau-hijauan dan telah melunak. Minyak zaitun mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh:
1. Menjaga kesehatan kulit

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini dan awet muda.

2. Menyehatkan usus
Senyawa Oleuropein Aglycone yang ada didalam minyak zaitun bekerja aktif di dalam tubuh untuk menjaga suplai darah di dalam usus. Senyawa ini dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada jaringan usus yang disebabkan kurangnya aliran darah di dalam sel atau yang disebabkan oleh gejala iskemia.

3. Meningkatkan massa tulang
Kandungan vitamin K di dalam minyak zaitun sangat potensial untuk meningkatkan massa tulang, dengan jalan mempebesar aktivitas osteotrophic dalam tulang. Sekaligus minyak zaitun bagus untuk penderita Alzheimer, yaitu membantu mengatasi kerusakan sel saraf pada otak.

4. Kesehatan jantung
Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling sehat karena mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini mampu mengontrol kolesterol jahat di dalam tubuh serta meningkatkan kolesterol baik. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Menghilangkan sel kulit mati
Dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam atau gula, maka sel kulit yang mati akan digantikan dengan sel kulit yang baru dan akhirnya kulit menjadi bersih serta sehat.

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)