Manfaat Minyak Peppermint bagi Kesehatan Tubuh

16 Februari 2017 Artikel Kesehatan


Minyak peppermint didapat dari tanaman peppermint yang sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan herbal untuk kesehatan. Minyak ini memiliki kandungan menthol, menthone dan limonene. Peppermint merupakan persilangan dari dua tanaman asli Eropa yaitu spearmint dan watermint. Dalam pembuatan permen karet, minyak esensial peppermint banyak digunakan sebagai bahan utama. Manfaat minyak peppermint dikenal luas ampuh mengatasi masalah penyakit kulit dan masalah pernapasan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari minyak peppermint untuk kesehatan.

Obat Sakit Kepala

Jika Anda sedang mengalami sakit kepala, Anda dapat mencoba dengan minyak peppermint yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah sakit kepala. Tidak untuk dikonsumsi, cukup dengan mengoleskan pada bagian dahi, belakang leher, samping kepala dan belakang telinga. Lakukan jika sakit kepala Anda tiba-tiba kambuh. Agar lebih maksimal, hirup dan lakukan pijatan area yang disebutkan tadi.

Sumber Energi

Baunya yang harum dapat memberikan efek tenang dan memberikan energi pada tubuh. Hal ini karena aromanya membantu dalam meringankan beban tubuh, hati dan beban pikiran. Jika Anda secara terbiasa menggunakan minyak peppermint, maka akan sangat berguna untuk membuat pikiran lebih fresh dan terhindar dari lelah dan capek. Lakukan dengan cara dihirup disaat Anda sedang stres atau sedang lelah.

Meningkatkan Fokus

Fokus yang baik sangat diperlukan, khususnya untuk pekerja yang membutuhkan perhatian detail, pelajar dan lainnya. Anda dapat meningkatkan fokus Anda menggunakan minyak tanaman peppermint dicampurkan dengan minyak esensial jeruk. Lakukan pijatan menggunakan minyak campuran ini pada bagian tengkuk Anda.

Obat Mual-Mual

Anda yang sedang mengalami mual-mual, cobalah menggunakan minyak peppermint sebagai alternatif pengobatan. Caranya cukup dengan menghirup aroma dari minyak tanaman peppermint dan rasa mual-mula Anda akan hilang. Jika masih terasa mual, lakukan cara kedua yaitu mengoleskan pada ujung lidah satu atau duat tetes minyak peppermint, lakukan sampai rasa mual-mual Anda hilang.

Menyegarkan Nafas

Cukup dengan berkumur-kumur dengan menggunakan minyak peppermint yang dicampur satu gelas air, maka Anda dapat merasakan manfaatnya dalam satu hari penuh. Kumur-kumur setiap malam sebelum tidur dan pagi adalah waktu yang paling baik.

Obat Sakit Perut

Menggunakan minyak peppermint sebagai obat sakit perut adalah pilihan yang paling ampuh dalam hal ini. Oleskan pada perut Anda dan rasakan manfaatnya dalam beberapa menit. Agar lebih maksimal, Anda juga dapat mengoleskan minyak peppermint pada telapak kedua kaki Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)