Manfaat Minum Wedang Jahe untuk Kesehatan

4 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Salah satu minuman sehat yang nikmat diminum saat cuaca dingin adalah wedang jahe. Wedang jahe adalah minuman yang terbuat dari air rebusan jahe. Untuk mendapatkan rasa manis biasanya ditambahkan gula aren agar lebih terasa nikmat dan alami. Wedang jahe bisa dinikmati dalam keadaan panas, hangat maupun dingin. Namun, yang paling nikmat tentu diminum saat masih panas. Minum wedang jahe hangat di pagi hari pasti akan sangat nikmat untuk memulai hari Anda. Di Jawa, orang sudah biasa menyeduh jahe dengan air panas untuk diminum di pagi dan sore hari atau saat sedang sakit agar cepat sembuh. Nah, wedang jahe bukan hanya hangat diminum, namun juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, yaitu:

Mengatasi masalah pernapasan

Jika Anda menderita penyakit pernapasan umum seperti pilek dan batuk, wedang jahe sangat dianjurkan. Jahe akan membantu dalam melancarkan dahak dan memperluas paru-paru sehingga kesulitan bernapas bisa diatasi. Wedang jahe juga dapat membantu menenangkan alergi dan bersin.

Melancarkan peredaran darah

Minum secangkir wedang jahe dapat membantu meningkatkan aliran darah, serta membantu mencegah meriang, demam, dan berkeringat berlebihan. Asam amino dan mineral dalam wedang jahe dapat membantu melancarkan aliran darah, mencegah timbulnya penyakit kardiovaskuler.

Mencegah rasa mual

Wedang jahe sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mengurangi keinginan mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness. Wedang jahe juga sangat ampuh meredakan keinginan muntah saat mabuk perjalanan dan mengembalikan energi Anda karena perjalanan jauh.

Mengatasi sakit perut

Wedang jahe hangat sangat baik mengatasi permasalahan pencernaan seperti kembung, keracunan makanan atau maag karena asam lambung meningkat. Sakit perut karena masuk angin dan kram karena menstruasi juga bisa disembuhkan dengan bantuan wedang jahe.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain kaya akan antioksidan, wedang jahe juga sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum secangkir wedang jahe setiap hari bisa membantu mengecoh potensi resiko stroke dengan menghambat deposito lemak yang menyumbat arteri. Wedang jahe ini juga dapat menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah resiko serangan jantung.

Itulah beberapa manfaat wedang jahe untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jadi, jangan ragu minum wedang jahe untuk menjaga kesehatan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)