Manfaat Minum Teh Bunga Sepatu

14 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Bunga sepatu (Hibiscus rosa sinensis) disebut juga sebagai kembang wera dalam bahasa sunda. Sedangkan orang jawa menyebutnya wora-wari. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Malvaceae. Tanaman bunga sepatu ini banyak ditanam orang di halaman sebagai tanaman hias atau sebagai pagar hidup. Bunganya yang indah dan warna yang mencolok dapat menyegarkan mata dan memperindah pekarangan rumah.

Jika Anda suka dengan bunga atau sering mengunjungi taman untuk mendapatkan udara segar, Anda pasti tahu tentang bunga sepatu. Warnanya yang merah dan pink sangat cantik dan menarik setiap kumbang untuk hinggap. Tapi bukan hanya cantik dipandang, bunga sepatu juga menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat minum teh kembang sepatu:
1. Sebagai terapi

Bunga sepatu memiliki sifat menyembuhkan, bahkan banyak digunakan untuk terapi setelah melakukan kemoterapi kanker. Penelitian menunjukkan bunga sepatu memiliki sifat kemopreventif, yaitu bersifat mencegah efek samping kemoterapi yang mengganggu kesehatan tubuh. Komponen aktif dalam bunga sepatu seperti anti-inflamasi dan kemampuannya mencegah penyebaran tumor, membuat teh kembang sepatu jadi salah satu minuman herbal yang baik.

2. Mencegah dan menurunkan hipertensi
Teh bunga sepatu ternyata membantu menurunkan tekanan darah, dan dipercaya mengurangi risiko terserang hipertensi. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah, dengan minum teh bunga sepatu secangkir setiap hari bisa menurunkan dan mengembalikan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah.

3. Obat pencahar
Minum teh kembang sepatu juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Jika Anda menderita sulit buang air besar, bisa minum teh bunga sepatu. Teh ini digunakan sebagai obat pencahar ringan. Meski belum banyak bukti, namun efek terapi bisa dirasakan karena teh bunga sepatu bisa meningkatkan aktivitas sistem pencernaan.

4. Antibakteri dan espektoran alami
Bunga sepatu memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan sebagai obat cacingan atau sakit perut. Bukan hanya itu, teh bunga sepatu juga bisa menjadi obat penenang dan bersifat ekspektoran yang ideal untuk Anda yang sedang flu dan batuk. Teh kembang sepatu juga mampu membuat rileks dan membantu melepas stres karena memiliki banyak antioksidan.

Ini adalah manfaat kesehatan dari kembang sepatu. Tanamlah tanaman bunga berwarna cerah ini di kebun Anda untuk menikmati keindahan serta manfaat kesehatan darinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)