Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

17 September 2019 Artikel Kesehatan


Tidur merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh tubuh manusia, jika tidak tidur maka otot dan syaraf kita akan lelah dan rusak. Tidur yang ideal bagi manusia adalah antara 6 sampai 8 jam setiap malam. Bangun tidur adalah saat dimana kita memulai aktivitas, dan untuk itu kita harus memastikan kondisi tubuh kita benar-benar fit dan prima dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah dengan meminum air putih. Air adalah cairan yang mengisi bagian utama di dunia, baik dalam bentuk cair atau padat. Manusia semua tubuhnya juga mengandung air. Air sangat penting dalam hal menyembuhkan masalah kesehatan.

Berikut manfaat meminum air sebelum dan sesudah tidur untuk kesehatan:
1. Detoksifikasi tubuh

Air adalah sumber detoksifikasi alami, dengan meminum air maka akan mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Selain untuk kesehatan air juga bermanfaat bagi kulit. Jika segelas air hangat yang diberi perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur dapat membersihkan lendir-lendir yang tidak berguna dalam tubuh di hari kemarin, bisa juga Anda meminum sebelum tidur.

2. Mencegah datangnya penyakit
Jika sering sakit, kemungkinan penyebabnya adalah tubuh kekurangan cairan. Air juga penting dalam mempertahankan sistem limfatik agar tetap sehat. Ketika sistem ini seimbang, tubuh mampu melawan infeksi yang bisa menyebabkan sakit pada tubuh.

3. Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang melakukan diet, cobalah meminum air putih sebelum dan sesudah tidur, karena air dapat membuat tubuh Anda lebih siap untuk mencerna. Minum air dalam keadaan perut kosong ketika di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh seharian. Penelitian mengemukakan bahwa peningkatan konsumsi air akan berpengaruh pada cepatnya pembakaran lemak dan bisa menekan nafsu makan.

4. Mencegah dehidrasi
Saat kita tidur selama 6-8 jam maka kita tidak makan dan minum, secara otomatis tubuh kita menjadi dehidrasi itu sebabnya mengapa minum air putih sebelum dan sesudah tidur dapat menghidrasi sel sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Cukup 1-2 gelas saja ketika Anda bangun atau mau tidur.

Dan ingat, jangan pernah mengabaikan dan menyepelekan manfaat air putih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)