Manfaat Mengejutkan dari Mendengarkan Musik Sedih

6 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Hampir semua orang di dunia suka mendengarkan musik, karena musik dianggap sebagai hal yang mampu mengekspresikan perasaan mereka. Musik itu sendiri terdiri dari berbagai macam aliran, ada yang ceria, sedih, dan cadas. Banyak yang beranggapan bahwa musik yang ceria jauh lebih baik. Namun, beberapa orang justru lebih suka untuk mendengarkan musik yang sedih daripada jenis musik lainnya. Terlepas dari hal itu, mendengarkan musik sedih ternyata ada manfaatnya selain untuk memanjakan telinga.

Ternyata mendengarkan musik sedih bermanfaat. Beberapa peneliti dari Jepang yang telah meneliti tentang musik sedih dan pengaruhnya bagi para pendengarnya. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik sedih memiliki manfaat untuk membangun emosi positif bagi orang yang mendengarkannya.

Musik sedih dapat membangkitkan emosi yang berlawanan dimana musik sedih justru membuat mereka memiliki emosi yang positif. Hal ini disebabkan karena orang yang mendengarkan musik sedih cenderung merasakan bahwa musik sedih kurang gembira, kurang romantis, dan lebih tragis daripada keadaan mereka ketika mendengarkan musik sedih tersebut. Musik sedih pada umumnya akan menginduksi kesedihan dari si pendengar. Sedangkan kesedihan dianggap sebagai emosi tidak menyenangkan.

Para peneliti tersebut juga menyatakan bila musik sedih justru hanya membuat emosi yang tidak menyenangkan bagi pendengarnya, tentu saja tidak ada orang yang mau mendengarkannya. Namun ternyata ditemukan bahwa musik sedih sebenarnya juga dapat menginduksi emosi yang romantis dan membangun emosi positif. Hal inilah yang pada akhirnya membuat beberapa orang lebih senang untuk mendengarkan alunan musik sedih daripada musik yang ceria atau hingar bingar.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)