Manfaat Mengagumkan dari Buah Naga untuk Kesehatan

11 November 2019 Artikel Kesehatan


Buah naga atau buah yang memiliki nama asli Pitaya/Pitahaya ini berasal dari negara Meksiko. Walaupun buah naga tidak sepopuler buah apel, anggur ataupun jeruk, saat ini penggemar buah naga terbilang cukup banyak. Tidak sedikit orang yang mencoba membudidayakan buah naga dan memanfaatkannya untuk kecantikan maupun kesehatan. Rasanya yang cukup manis dan unik serta warnanya yang mencolok, ternyata membuat buah naga memiliki banyak manfaat mengagumkan untuk kesehatan. Mau tau apa saja manfaatnya?

Ini beberapa manfaat mengagumkan dari buah naga:
1. Antioksidan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah naga merupakan buah yang baik sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga juga disinyalir mampu mengusir radikal bebas dan sel kanker yang mungkin tumbuh di dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol
Nutrisi pada buah naga dipercaya mampu menurunkan sekaligus menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Jumlah kalori dan lemak yang sangat rendah pada buah naga disinyalir mampu menyeimbangkan kesehatan tubuh. Dengan konsumsi buah naga, Anda juga bisa sekaligus mendorong keberhasilan program diet yang sedang dilakukan.

3. Jaga Kesehatan Jantung
Penyakit yang sering membuat nyawa seseorang melayang adalah penyakit jantung. Nah, agar Anda selalu memiliki jantung sehat, biasakan untuk konsumsi buah naga. Jika tidak suka makan buah naga secara langsung karena rasanya yang cukup aneh di lidah, Anda bisa membuatnya menjadi jus buah atau olahan makanan lain. Olahan makanan tersebut bisa saja es buah, puding, cake bahkan salad.

4. Mencegah dan Mengobati Diabetes
Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah naga dipercaya mampu menurunkan risiko dan mengobati diabetes. Buah naga dapat dengan baik mengatur gula darah dalam tubuh. Dan untuk dapatkan manfaat buah naga secara maksimal saat menderita diabetes, selalu konsultasikan dengan dokter bagaimana hidup sehat menggunakan buah naga. Pastikan konsumsi buah naga sesuai takaran dan tidak melebihi porsinya. Konsumsi buah naga berlebih justru tidak baik untuk kesehatan.

5. Mencegah Penuaan Dini
Hampir sama dengan buah lain, buah naga juga bisa membantu Anda terlihat lebih muda, lebih segar dan lebih sehat. Vitamin dan nutrisi pada buah naga membantu mencegah penuaan dini karena keriput, karena polusi bahkan karena sinar UV A dan UV B. Agar Anda terlihat awet muda, memanfaatkan buah naga tidak hanya dengan dikonsumsi. Anda juga bisa membuat buah naga menjadi masker untuk wajah dan kulit tubuh. Pastikan Anda tidak iritasi saat menggunakan masker buah naga. Beberapa jenis kulit dinyatakan cukup sensitif terhadap beberapa jenis buah, termasuk buah naga.

Nah, itulah manfaat mengagumkan dari buah naga. Dan jangan lupa juga membaca manfaat lain dari buah naga. Mulailah menyukai buah naga dari sekarang dan rasakan manfaatnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)