Manfaat Menarik Napas dalam-dalam bagi Kesehatan

8 April 2013 Artikel Kesehatan


Menarik nafas dalam-dalam adalah hal penting bagi kesehatan fisik maupun emosi. Tetapi, karena bernafas cenderung dianggap sebuah refleks menyebabkan aktivitas menghirup nafas secara dalam sering dilupakan. Latihan menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan kesehatan. Latihan sederhana ini menjadi hal wajib, terutama ketika anda merasa sedih atau banyak pikiran. Saat anda merasakan beban masalah hidup di bahu anda, pernapasan dalam yang sederhana dapat memberikan bantuan. Jadi lain kali, ketika anda merasa jengkel di tempat kerja atau dimana pun anda berada, segara ambil napas dalam-dalam.

Beberapa keuntungan dari bernapas dalam-dalam:

Mengurangi stres
Latihan pernapasan dalam dapat mengurangi tingkat stres, mengurangi panik dan ketakutan serta membantu anda berpikir jernih. Napas dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang memperlambat denyut jantung. Bernafas secara dalam bisa membantu mengurangi stres saat anda sedang merasa tertekan. Rupanya pernapasan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Cara bernafas seperti ini akan membuat tubuh mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak, sehingga ada perubahan hormon dan faktor-faktor fisiologis lain. Akibatnya adalah memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah yang tinggi saat sedang stres.

Mendetoksifikasi tubuh
Menarik nafas dalam secara rutin dapat melakukan detoksifikasi organ tubuh. Karena ketika anda menarik nafas dengan dalam, dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membersihkan sistem tubuh. Napas dalam membersihkan darah, memompa darah ke seluruh bagian tubuh, dan membuang racun dari tubuh .

Menguatkan otot paru-paru
Pernafasan dada yang pendek tidak menyediakan oksigen yang cukup dalam darah, yang berarti bahwa kurang pula oksigen yang tersedia untuk jaringan dan organ tubuh. Hal ini karena ketika orang menarik nafas cepat dan dangkal, paru-paru tidak cukup mengembang untuk memungkinkan transfer maksimum oksigen ke dalam darah. Latihan pernapasan dalam memperkuat otot paru-paru dan meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh. Karena gaya hidup memicu kita untuk kurang menghirup oksigen, maka pernapasan dalam menjamin kita mendapatkan oksigen yang cukup. Kekurangan oksigen juga berakibat kelelahan dan kurangnya konsentrasi.

Mengurangi rasa gugup
Rasa gugup dapat dialami siapa saja. Ketika gugup datang, seseorang bisa saja mengalami kesulitan berbicara. Untuk mengatasinya diperlukan menarik napas dalam. Lakukan hal tersebut, dijamin akan jauh lebih tenang.

Kemudian, bagaimana melakukan latihan pernapasan sederhana yang mendalam?
Hirup napas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut mengembang kira-kira 30 detik. Kemudian buang napas melalui mulut secara perlahan sehingga perut mengempes lagi.Paling bagus adalah jika menghirup, menahan nafas dan membuang nafas dilakukan dalam jeda waktu yang sama. Misalnya menghirup nafas 30 detik, menahan nafas 30 detik dan membuang nafas 30 detik.

Nah, dengan melakukan teknik pernafasan yang benar dengan cara tarik nafas dalam akan sangat membantu membuat tubuh sehat secara keseluruhan. Mulai sekarang, luangkan waktu sejenak untuk menarik nafas dalam-dalam hingga kita merasa ada udara melewati hidung melalui perut hingga keluar lewat mulut. Dengan mengambil napas dalam-dalam akan membantu membuat tubuh lebih sehat secara mendalam. Jadi luangkan waktu anda untuk melakukan teknik pernapasan ini demi kebugaran tubuh dan pikiran.

(Dikutip dari berbagai sumber)