Manfaat Menari untuk Kesehatan

30 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Bagi Anda yang menyukai kegiatan menari, tentu hal tersebut menjadi suatu kesenangan bagi Anda. Hal ini sekaligus memberi kabar baik bagi Anda karena ternyata menari bisa memberikan Anda begitu banyak manfaat kesehatan. Melakukan kegiatan menari bisa menjadi sebuah kegiatan olahraga yang akan membuat tubuh Anda sehat dan segar. Selain itu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, menari adalah salah satu cara menyenangkan untuk membakar kalori.

Kapan terakhir kali Anda menari atau melakukan suatu gerakan yang hanya sekedar bergoyang? Apabila Anda telah lama tidak melakukannya, sebaiknya segera luangkan sedikit waktu Anda untuk sekedar menari menikmati alunan musik.

Dr Amrapali, seorang pakar yang menangani pengaturan berat badan mengatakan, menari adalah salah satu bentuk aktivitas fisik. Menari membuat Anda menggerakkan seluruh anggota tubuh Anda untuk melakukan gerakan sesuai dengan irama musik yang terdengar. Bahkan menurut beberapa pakar kesehatan, menari mampu menyehatkan tubuh Anda secara keseluruhan.

Beberapa poin penting yang Anda dapat dari menari, di antaranya:
1. Mengencangkan otot tubuh
2. Membentuk tubuh
3. Meningkatkan sirkulasi darah sebab ketika menari maka denyut jantung Anda semakin meningkat
4. Membakar kalori sebanyak ketika Anda berjalan, berenang, atau naik sepeda
5. Memaksa Anda untuk mengonsumsi makanan sehat agar tubuh menjadi bugar untuk melakukan suatu tarian tertentu

Berbeda dengan gerakan fisik yang lain, menari tidak hanya membuat tubuh Anda sehat namun juga lebih bugar dan lentur. Selamat menari!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)