Manfaat Menakjubkan Kacang Hijau yang Perlu Diketahui

6 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Kacang hijau memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan sampai dengan proses pembentukan otot tubuh karena kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Tidak hanya protein, kacang hijau juga mengandung serat yang sangat baik untuk membantu program diet. Di dalam kacang hijau terkandung serat yang tinggi, yaitu kurang lebih 6,7 gram per 100 gram-nya. Sehingga dengan kandungan serat ini dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu diet Anda.

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati yaitu sebanyak 7 gram per 100 gram-nya. Selain itu protein yang terkandung di dalam kacang hijau ini merupakan asam amino yang lengkap dan sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Berikut manfaat dari kacang hijau yang perlu di ketahui:
1. Menurunkan berat badan

Kandungan yang ada dalam kacang hijau seperti serat, lemak sehat, protein dan rendah karbohidrat sangat cocok sekali sebagai menu penunjang diet untuk menurunkan berat badan. Kacang hijau ini layak Anda masukkan dalam menu harian Anda.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Kacang hijau mengandung banyak serat yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan dan dapat meningkatkan gerakan peristaltik usu (gerakan meremas-remas di dalam dinding usus) sehingga dapat mengurangi kotoran yang menumpuk di dalam usus.

3. Membantu pembentukan sel tubuh
Kacang hijau yang mengandung cukup banyak protein dapat bekerja di dalam pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung sangat berperan penting di dalam perbaikan pertumbuhan badan. Anak-anak dan remaja sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mereka masih dalam tahap pertumbuhan.

4. Membantu peningkatan penyerapan nutrisi
Kacang hijau juga mengandung berbagai macam enzim yang bekerja untuk meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam proses metabolisme tubuh.

5. Meminimalisir resiko penyakit jantung
Antidioksidan yang ada dalam kacang hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terkena virus dan bakteri yang merugikan, mencegah penyakit jantung dan anti penuaan.

Anda mungkin sering menjumpai hidangan yang terbuat dari kacang hijau atau minuman sari kacang hijau yang menyehatkan. Ternyata kacang hijau ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus dapat menunjang program diet Anda. Kacang hijau mengandung banyak sekali nutrisi, baik itu berupa vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang memang dibutuhkan bagi tubuh. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan maka Anda harus mengolahnya dengan benar supaya tidak kehilangan nutrisi di dalamnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)