Manfaat Menakjubkan dari Oregano untuk Kesehatan

11 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan jenis tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini memiliki panjang sekitar 20-80 cm. Selain digunakan pada pizza dan spaghetti, oregano juga digunakan secara luas dalam beragam masakan. Dan tahukah Anda bahwa Oregano ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Oregano kaya akan vitamin dan mineral dan juga memiliki potensi untuk mengobati berbagai jenis gangguan. Oregano memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba, juga mengandung antioksidan. Jika Anda senang menggunakan Oregano ke dalam olahan masakan Anda, maka Anda perlu juga mengetahui tentang sejumlah manfaat kesehatannya.

Berikut beberapa manfaat menakjubkan dari oregano:
1. Menjaga kesehatan jantung

Oregano adalah bentuk alami dari asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 juga membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular, sehingga membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

2. Membunuh virus flu
Oregano juga mengandung bahan-bahan antivirus yang kuat, yang memiliki kemampuan untuk membunuh virus flu. Caranya sangat mudah, Anda cukup menambahkan beberapa tetes minyak oregano pada segelas jus jeruk dan ramuan tersebut akan melegakan hidung, meredakan sakit dan nyeri, serta Vitamin C dari jus jeruk akan memberikan sistem kekebalan tubuh Anda beserta dorongan yang dibutuhkan untuk melawan dingin. Jadi, sifat ramuannya adalah membunuh nyeri sekaligus memberikan pengobatan yang baik untuk gejala flu, termasuk nyeri otot, demam tinggi, dan sakit kepala.

3. Membunuh parasit dalam usus
Oregano mengandung 2 senyawa anti mikroba yang kuat, yaitu thymol dan carvacrol, yang sangat efektif dalam membunuh parasit, seperti cacing di usus. Hal ini juga mengandung bahan-bahan yang menenangkan sistem pencernaan dan dapat digunakan untuk menenangkan gangguan perut dan pencernaan.

4. Kaya akan mineral
Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari kandungan mineral tinggi pada oregano, termasuk potasium, kalsium, magnesium, tembaga dan besi, yang semuanya berguna untuk pemeliharaan kesehatan gigi dan tulang. Selain itu, jika Anda menambahkan oregano dalam masakan Anda, maka hal itu dapat membantu dalam mencegah anemia.

5. Meredakan kram menstruasi
Oregano memiliki efek dalam menghilangkan rasa sakit dan dikenal dapat meringankan kram menstruasi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuat teh oregano dengan menyeduh 1/2 sendok teh oregano kering dalam air mendidih, atau Anda juga dapat mengunyah daun oregano segar.

6. Melawan tanda-tanda penuaan
Kandungan antioksidan yang tinggi pada oregano juga dapat membantu untuk melawan timbulnya tanda-tanda penuaan. Antioksidannya dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh sehingga berakibat pada pembentukan garis-garis dan kerutan di kulit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)