Manfaat Membawa Bekal ke Sekolah bagi Anak

14 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Jajanan anak sekarang ini sangat banyak jenisnya. Mulai dari makanan dan minuman yang berwarna-warni sehingga mengoda anak-anak untuk membelinya. Membiarkan anak jajan dipinggir jalan tentunya tidak baik bagi kesehatan anak. Karena jajanan yang berwana-warni tersebut belum terjamin kebersihannya dan kandungan zat-zat didalamnya.

Membawa bekal ke sekolah merupakan kebiasaan yang baik bagi anak. Membawa bekal memastikan bahwa anak akan mendapatkan makan yang cukup dan menghindari anak merasa kelaparan yang dapat mempengaruhi kesehatan maupun konsentrasi belajar. Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh anak jika ia membawa bekal ke sekolah. Apa manfaat membawa bekal ke sekolah bagi anak? Berikut beberapa keuntungan membawa bekal sendiri ke sekolah.

1.Menjamin Anak Mendapat Makanan Sehat
Membawa bekal yang dipersiapkan oleh orangtua, menjamin anak mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang dibeli di tempat jajan umum belum tentu sehat dan bergizi. Orangtua tentu mempersiapkan makanan yang disukai anak yang menjamin bahwa anak akan suka untuk menyantapnya.

2.Belajar Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi
Orangtua dapat mendiskusikan bahan makanan apa yang akan dibawa sebagai bekal ke sekolah. Orangtua tentu akan mengarahkan anak untuk memilih makanan sehat. Orangtua dapat memberikan penjelasan mengenai kandungan gizi dan manfaatnya kepada anak. Hal ini bermanfaat mengajarkan anak mengenai pemilihan makanan yang sehat dan bergizi.

3.Menjamin Anak Lebih Fit
Rasa lapar, kurang makan, atau mengkonsumsi makanan yang tidak mengenyangkan dapat mengganggu kebugaran fisik dan kemampuan berkonsentrasi. Mendapatkan makanan yang baik saat lapar sangat bermanfaat menjaga kebugaran tubuh dan kemampuan belajar. Orangtua tentu menyiapkan makanan sesuai porsi yang diperlukan anak.

4.Menjadi Kebanggaan
Anak-anak senang menunjukkan bekal bawaannya kepada teman-temannya. Hal ini bisa menjadi kebanggaan bagi anak, sehingga ia sangat peduli dan antusias terhadap pemilihan menu makanan bekal yang akan dibawanya ke sekolah.

5.Memotivasi Anak Untuk Berhemat dan Menabung
Berhemat dan menabung adalah kebiasaan baik dalam pengelolaan keuangan pribadi sehingga sangat baik dikenalkan sejak usia dini. Membawa bekal ke sekolah dapat meningkatkan motivasi anak untuk berhemat. Jika anak membawa bekal makanan ke sekolah, ia mungkin tidak harus jajan atau jajan sekedarnya. Hal ini dapat meningkatkan motivasi anak untuk berhemat dan menabung untuk keperluan pribadinya.

Usahakan untuk memberikan penampilan yang menarik dengan memberikan bentuk dan buah berwarna dalam setiap bekal sekolah. Membuat bentuk untuk bekal sekolah anak bisa menjadi salah satu alternatif.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)