Manfaat Makan Ayam bagi Kesehatan

27 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Daging ayam paling tinggi mengandung protein, vitamin, dan mineral, namun lebih rendah lemak dan kolesterol. Tahukah Anda bahwa ayam adalah menu yang paling banyak gemari, sehingga tidak aneh jika lebih banyak restoran menyajikan ayam. Dalam budaya kita sendiripun, ayam selalu hadir dalam menu-menu masakan tradisional, baik untuk selamatan dan menu hidangan rumah tangga.

Daging Ayam adalah sumber protein tinggi, yang sangat diperlukan untuk sejumlah fungsi penting dalam tubuh. Protein juga penting untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain kaya protein, ayam juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Harga daging ayam memang lebih murah dibanding dengan daging merah. Oleh sebab itu, banyak orang masih bisa menjangkau harga jualnya. Makan ayam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daging ayam:
1. Menenangkan pikiran dan membuatnya lebih aktif. Menurut sebuah studi, mengonsumsi daging ayam dapat meningkatkan aktivitas fisik dan menjadikannya lebih tenang, serta mampu mengontrol diri.

2. Membantu pertumbuhan anak-anak. Pada masa tumbuh kembang anak, nutrisi dalam ayam membantu kelancaran proses tersebut. Otak akanberkembang lebih baik, tulang lebih kuat, dan imunitas terjaga.

3. Mencegah berbagai penyakit. Daging ayam turut membantu mencegah hadirnya depresi, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan. Daging ayam juga lebih sehat dibanding daging merah seperti dari sapi atau kambing.

4. Menyehatkan tulang. Nutrisi dalam ayam membantu meningkatkan kepadatan tulang. Tulang yang kuat dapat mencegah osteoporosis. Bagi penderita retak atau patah tulang, makan ayam disarankan.

5. Menyukupi protein tubuh. Kandungan protein hewani pada ayam cukup tinggi. Asam amino dalam ayam membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan punya berbagai manfaat lainnya.

6. Membangun otot. Jika saat ini Anda berjuang untuk mendapatkan otot lebih besar atau perut six pack, mengonsumsi ayam turut membantu membangun otot. Proteinnya cukup tinggi.

Perlu diwaspadai efek kurang baik dari daging ayam, sebaiknya tidak mengonsumsinya berlebihan. Pasalnya, seratnya lebih lama dicerna dalam perut. Selain itu, perhatikan pula cara memasaknya agar terhidang dalam kondisi higienis.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)