Manfaat Luar Biasa Tidur Siang bagi Kesehatan

4 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Tidur adalah kondisi tidak sadar seseorang dimana dapat dibangunkan oleh stimulasi atau sensori yang sesuai. Tidur merupakan aktivitas rutin yang di lakukan oleh setiap manusia untuk mengistirahat pikiran dan tenaga yang mereka miliki. Sehingga ketika bangun, stamina yang dimiliki akan pulih seperti sedia kala. Seperti yang kita ketahui, malam merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tidur. Tapi banyak sebagian dari kita yang sering melakukannya pada siang hari atau lebih di kenal dengan tidur siang. Lalu, manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari tidur siang?Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa tidur siang yang kita lakukan banyak sekali bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat tidur siang bagi kesehatan:
1.Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak.

2.Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.

3.Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

4.Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap. Selain itu tidur siang mampu membantu menurunkan tingkat stress yang dimiliki. Karena banyak aktifitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang dengan terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, walapupun hanya beberapa menit saja, karena tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

5.Tidur siang ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

Manfaat tidur siang memang sangat banyak sekali, jangan abaikan tidur siang untuk kesehatan anda. Sebuah hal kecil yang sering terabaikan namun baik untuk kesehatan dalam jangka waktu yang lama. Untuk memanjakan tubuh agar relaks kembali perlu tidur siang yang cukup agar tubuh kembali segar dan dapat menjalani aktifitas dengan baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)