Manfaat Luar Biasa Menjadi Seorang Vegetarian

5 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Pola makan yang menghindari protein hewani dan lebih banyak mengkonsumsi protein nabati, sering disebut vegetarian. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, akan terhindar dari penyakit jantung, diabetes, dan obesitas dibanding mereka yang mengkonsumsi daging.

Vegetarian masih dibagi menjadi beberapa kelompok, di antaranya, semi vegetarian, dimana kelompok vegetarian ini selain mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buah serta produk nabati lainnya, mereka masih mengkonsumsi ikan, daging ayam, susu dan telur. Lalu ada lacto avo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan susu kemudian vegan, yaitu kelompok vegetarian yang hanya mengkonsumsi produk nabati dan menghindari semua protein hewani, makanan laut atau produk olahan hewani. Tidak mudah menjadi vegetarian terutama bagi yang terbiasa memasukan daging kedalam menu hariannya, namun dengan menjadi vegetarian, banyak manfaat yang bisa diperoleh, terutama bagi kesehatan, yaitu:

Menjaga berat badan
Makanan nabati memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi, kedua unsur tersebut diyakini memiliki kemampuan membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Menyehatkan kulit
Sayur dan buah yang menjadi makanan wajib bagi kelompok vegetarian memiliki kandungan anti oksidan dan mineral yang menyehatkan kulit sehingga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Memperbaiki metabolisme tubuh
Makanan nabati mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh dan mampu membersihkan usus dari sisa makanan, membuat tubuh juga mampu membersihkan racun dalam tubuh, sehingga terjadi perbaikan sistem metabolisme tubuh yang akan membuat tubuh menjadi segar dan lebih sehat.

Menjauhkan dari kanker
Makanan vegetarian memiliki unsur senyawa antioksidan, fitokimia, mineral, vitamin dan beberapa zat gizi lainnya yang mampu memperkuat sistim kekebalan tubuh yang bisa mencegah timbulnya kanker. Makanan nabati mampu membantu penyembuhan penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas. Selain itu makanan nabati mampu menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, wasir, kanker usus, dan lain sebagainya.

Memperpanjang usia
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seorang vegetarian memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan mereka yang mengkonsumsi protein hewani.

Untuk menjadi seorang vegetarian, sebaiknya lakukan secara bertahap. Misalnya kurangi konsumsi daging dari setiap hari menjadi seminggu sekali, kemudian lama-lama menjadi dua minggu sekali sampai akhirnya Anda tidak lagi mengkonsumsi protein hewani.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)