Manfaat Luar Biasa dari Selai Kacang untuk Kesehatan

6 September 2019 Artikel Kesehatan


Tentu kita sudah tahu dengan selai kacang, selai yang biasa dioleskan di roti tawar untuk sarapan pagi atau sebagai makanan pengganjal perut. Selain rasanya yang nikmat, dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa selai kacang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selai kacang datang dengan berbagai nutrisi. Seporsi selai kacang mengandung 3 mg antioksidan hebat vitamin E, 49 mg magnesium (dapat memperkuat tulang), 208 mg kalium (baik untuk otot), dan 0,17 mg vitamin B6 (dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh). Ternyata lemak sehat dalam selai kacang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat, bahkan bisa membantu tubuh terhindar dari risiko Alzheimer.

Berikut manfaat selai kacang untuk kesehatan:
1. Mencegah Alzheimer

Penelitian menyebutkan bahwa dalam selai kacang mengandung nutrisi bernama niasin. Dan nutrisi inilah yang dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 70%.

2. Mencegah Kanker Usus
Salah satu penyakit yang banyak ditakuti adalah penyakit kanker. Untuk menghindari risiko kanker dalam tubuh, sangat disarankan bagi Anda konsumsi selai kacang. Beberapa study percaya bahwa selai kacang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh terutama kanker usus pada wanita.

3. Menyehatkan Jantung
Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat, sarapan roti ditemani dengan selai kacang adalah pilihan yang tepat. Beberapa study menyebutkan bahwa selai kacang baik untuk kesehatan jantung. Selain kacang juga dikatakan mampu mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular.

4. Cegah Pembentukan Batu Empedu
Beberapa penelitian kesehatan menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi selai kacang secara teratur dengan porsi yang sesuai kebutuhan tubuh, maka hal ini bisa bantu seseorang tersebut untuk terhindar dari penyakit batu empedu. Kandungan nutrisi seperti vitamin E, antioksidan dan juga protein dalam selai kacang inilah yang menjadi alasan kenapa ia baik untuk kesehatan empedu.

5. Bantu Turunkan Berat Badan
Jika biasanya banyak orang menghindari selai kacang karena dianggap bisa membuat tubuh mudah gemuk, anggapan ini tentu tidak benar. Beberapa study justru menyebutkan bahwa makan selai kacang yang mengandung 180 - 210 kalori per porsi bersama roti bisa bantu Anda merasa awet kenyang. Dengan makan selai kacang yang rendah serat dan karbohidrat, Anda bisa menekan nafsu makan sehari-hari dan dengan mudah dapatkan tubuh langsing.

Sebagai makanan yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh, tidak heran jika selai kacang perlu menjadi salah satu menu wajib teman roti sebagai sarapan pagi. Melihat segudang manfaat dari selai kacang, masihkah Anda ragu untuk konsumsi selai kacang?.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)