Manfaat Luar Biasa dari Jagung Ungu

19 November 2013 Artikel Kesehatan


Jagung tentu sudah bukan bahan makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Meskipun banyak dari anda yang mengenal jagung yang dibuat sebagai jagung bakar, jagung sebenarnya dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat di beberapa daerah di Indonesia seperti Madura. Jagung sendiri juga sudah sering digunakan sebagai bahan baku beragam makanan tradisional di berbagai wilayah Indonesia.

Anda sudah pernah tahu jagung ungu? Sesuai namanya, warna jagung ini adalah ungu. Bentuknya sama dengan jagung biasa, namun ternyata kandungan gizinya, bisa dibilang cukup luar biasa. Jagung yang berwarna ungu ini sebenarnya merupakan tanaman yang tumbuh khusus di Peru dan Cili. Orang Peru sering membuat puding dengan bahan jagung berwarna ungu ini.

Saat tumbuh di negara asalnya, jagung ini mampu memunculkan warna ungu di seluruh bagian jagung, tetapi anda tidak akan menemukan warna ungu secara keseluruhan karena mungkin akan menemukan bagian yang berwarna kuning. Karena potensinya yang tinggi kemungkinan besar akan dikembangkan di daerah lain. Warna ungu pada jagung ini disebabkan karena adanya antosianin (sejenis flavonoid) yang merupakan salah satu zat anti diabetes. Zat ini sangat berguna untuk membantu anda menghindari kanker usus besar.

Ada manfaat lain yang diberikan oleh jagung berwarna ungu ini untuk kesehatan. Jagung ini ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan obesitas serta diabetes tipe 2. Jagung ini membantu penderita obesitas menurunkan berat badan. Nah, pada penderita diabetes tipe 2, penurunan berat ini juga akan membuat insulin bekerja dengan baik sehingga darah tidak akan mengalami kelebihan kandungan gula.

Penderita kanker dan diabetes bisa mengkonsumsi jagung ungu yang sudah dibuat minuman, tetapi anda tidak boleh menggunakan gula, madu bisa digunakan sebagai pengganti gula. Jagung ini sangat membantu untuk menurunkan berat badan sehingga anda yang ingin langsing bisa memilih jagung ini sebagai bagian dari menu diet. Cuma barangkali langkah mendapatkannya yang masih agak susah sekarang ini.

Oleh: Josua
(Dikutip dari berbagai sumber)