Manfaat Luar Biasa dari Daun Pandan

5 September 2019 Artikel Kesehatan


Daun pandan berasal dari tanaman pandan wangi yang memiliki nama latin (Pandanus amaryllifolius Roxb) dan termasuk keluarga Pandanaceae. Tanaman ini biasanya hidup di rawa-rawa atau di tempat-tempat yang lembab dan teduh. Namun, karena manfaatnya yang cukup besar bagi kehidupan manusia, tanaman ini kini sudah mulai dibudidayakan dan ditanam di pekarangan rumah. Untuk perkembangbiakannya dilakukan dengan cara memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar.

Daun pandan biasanya digunakan sebagai aroma makanan ataupun pewarna makanan alami. Karena warna hijau yang khas dan aroma yang cukup harum, tidak heran jika daun pandan sangat dibutuhkan di dalam bidang kuliner. Tapi tahukah Anda, selain bermanfaat di bidang kuliner, daun pandan juga memiliki segudang manfaat luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan. Sudah sejak lama, daun pandan banyak digunakan masyarakat tradisional sebagai obat. Daun pandan juga dipercaya bisa mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit di dalam tubuh seseorang.

Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan.
1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit paling sering menyerang seseorang adalah darah tinggi. Karena pola makan yang tidak sehat dan juga mengalami stres berat, hal ini memicu darah tinggi lebih mudah pada diri seseorang. Untuk mengatasinya, gunakan daun pandan sebagai minuman. Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.

2. Mengatasi Stres
Aroma daun pandan yang cukup harum dipercaya bisa membuat pikiran lebih tenang. Selain aromanya, nutrisi yang terkandung dalam daun pandan dikatakan sangat baik untuk mengatasi stres dan perasaan gelisah. Minum rebusan daun pandan 2 kali dalam sehari ketika Anda merasa gelisah ataupun stres. Minum secara teratur bisa bantu pikiran lebih tenang dan jauh dari stres.

3. Mengobati Rematik
Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang tulang tubuh. Biasanya, rematik sendiri banyak diderita oleh seseorang yang sudah berusia cukup tua. Nah, agar terbebas dari rematik, pastikan untuk memanfaatkan daun pandan. Kandungan nutrisi pada buah pandan bisa sangat membantu menyembuhkan rematik.

4. Menjaga Kesehatan Rambut
Jika Anda ingin rambut sehat, hitam, lembut dan berkilau serta jauh dari masalah ketombe, pastikan untuk memanfaatkan daun pandan. Beberapa study menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada daun pandan sangat baik dalam menjaga kesehatan maupun kecantikan rambut. Jadi, cobalah untuk membuat masker rambut alami dari daun pandan.

Selain manfaat di atas, daun pandan juga dipercaya bisa mengobati lemah saraf, menambah nafsu makan, mengobati pegal linu serta mengatasi lemah syahwat. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai daun pandan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)