Manfaat Kurma yang Jarang Anda Ketahui

16 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Besar kemungkinan pertama kali yang ada di benak Anda saat mendengar kata kurma adalah suatu buah yang sangat manis yang sering dijumpai pada saat bulan Ramadan. Sebagaimana yang kita tau bahwa buah kurma merupakan buah khas dari Timur Tengah. Salah satu sajian buka puasa saat Ramadhan ini tergolong memiliki harga yang relatif tinggi terlebih untuk buah yang kualitasnya bagus. Sebetulnya manfaat dari buah kurma sangatlah banyak. Saat ini tentunya Anda tidak perlu menunggu setiap Ramadhan saja untuk dapat menikmati manfaat dari buah kurma. Pasalnya, sekarang ini telah banyak buah kurma yang dijual di toko ataupun supermarket.

Apabila ditelisik lebih mendalam, buah Kurma yang Identik dengan Masyarakat Arab ini merupakan buah dari pohon jenis Palma, dalam bahasa arab di kenal dengan nama Tamr, sementara dalam bahasa Latin buah Kurma memiliki nama Phoenix dactylifera. Lalu, apa saja kegunaaan buah kurma bagi kesehatan tubuh?.

Berikut beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan energi

Kurma merupakan 'sumber energi' yang baik untuk dikonsumsi. Glukosa dan fruktosa yang ada dalam kurma merupakan sumber yang baik bagi tubuh untuk memproduksi banyak energi. Pada saat Anda mengalami hari yang melelahkan atau membutuhkan banyak energi untuk sebuah pekerjaan, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi kurma ini.

2. Menyehatkan tulang dan gigi
Berkat kandungan mineral, sehingga Kurma menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis dini. Selain itu, kurma juga mengandung selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan tulang sehat, dan gigi kuat. Dengan kata lain, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang memiliki masalah tulang yang keropos di usia muda. Jika Anda ingin menguatkan tulang, buah kurma bisa menjadi pilihan yang ideal sebagai camilan.

3. Mengatasi anemia
Selain dapat menghambat osteoporosis, kurma juga dapat menjadi suplemen zat besi karena mengandung 0,90 milligram atau 100 gram per buah (sekitar 11 persen AKG). Mereka yang mengeluhkan kekurangan zat besi, lelah, dan lesu, dapat mengkonsumsi buah ini. Ini karena besi menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.

4. Sangat baik untuk saraf dan otak
Dengan adanya kandungan nutrisi dan vitamin yang menjadikan kurma sebagai dorongan ideal terbaik bagi kesehatan dan fungsi saraf. Kalium di dalam kurma merupakan bahan utama untuk meningkatkan sistem saraf yang lebih responsif dan sehat. Alhasil, aktivitas otak dapat meningkat, sehingga bisa berpikir lebih cepat, dan pikiran lebih terfokus.

5. Menyehatkan jantung
Kurma yang telah dikeringkan secara alami dapat membantu mengontrol jumlah kolesterol dan membantu membersihkan kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Kurma dapat menjadi pilihan ideal bagi pasien penyakit jantung maupun semua orang yang ingin melindungi kesehatan jantung mereka. Selain itu kurma juga mengandung sedikit kalori yang baik untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda rajin mengkonsumsi buah ajaib yang satu ini, karena memiliki kandungan yang sanggup memberikan energi sekaligus kesehatan pada tubuh kita.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)