Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

29 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Kunyit atau yang biasa orang jawa sebut dengan nama kunir ini merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal yang sangat terkenal di belahan bumi bagian Asia Tenggara tak terkecuali Negara tercinta kita yaitu Indonesia. Kunir atau kunyit termasuk ke dalam jenis tumbuhan herbal jahe atau zingiberaceae. Kunyit juga memiliki nama latin atau nama ilmiah Curcumae Domesticae Rhizoma.

Selain sebagai tumbuhan obat herbal, kunyit juga biasa digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bahan atau bumbu dapur dan pewarna alami kuah dan makanan. Namun yang paling terkenal dari tumbuhan ini adalah manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kunyit kaya akan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Adapun kandungan yang bisa kita dapatkan dari kunyit adalah: Borneol, Bisdesmetoksikurkumin, Desmetoksikumin, Felandren, Fosfor, Karbohidarat, Keton Sesquiterpen, Lemak, Protein, Vitamin C, Zingiberen, Zat Besi dan masih banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Beberapa manfaat lengkap dari kunyit adalah sbb:

1.Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan
Bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.

2.Kunyit Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit.
Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi lalu campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mengering dan tidak terasa sakit lagi.

3.Kunyit dapat mencegah panas dalam
Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit lalu kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan, ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi disaring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam hilang.

4.Kunyit dapat mengobati Usus Buntu
Resep bahan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa aren, garam secukupnya cara membuat: kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring .Cara menggunakan: diminum setiap pagi setelah makan secara teratur.

5.Kunyit dapat mengobati Tipus
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Resep cara membuat semua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring. Cara menggunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut - turut.

6. Kunyit dapat mengobati Jerawat
Kunyit mampu mengurangi pengeluaran minyak oleh kelenjar pada kulit wajah. Caranya, masukkan beberapa tetes air dan jus lemon dalam bubuk kunyit. Oleskan pasta kunyit tersebut pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan kunyit dan kayu cendana sebagai obat jerawat. Bersihkan wajah setelah menggunakan campuran tersebut selama 10 menit.

Kunyit yang mempunyai kandungan vitamin C dan E yang tinggi juga karatenoid ini adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih yang masuk dalam badan. Oleh karena itulah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit juga dapat mencegah masuk angin.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari refrensi tentang kunyit dan semoga bisa bermanfaat untuk semua orang.

(Dikutip dari berbagai sumber)