Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

22 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Tanah Indonesia yang subur menjadi ladang potensial untuk bertumbuhnya beraneka jenis tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya, tanaman kumis kucing, yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit batu ginjal.

Kumis kucing atau tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus adalah merupakan tanaman Obat asli yang berasal dari Indonesia, Kumis kucing merupakan tanaman yang masih termasuk dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini sangat terkenal di Indonesia karena di kenal mampu menangani banyak Penyakit.

Jika ditinjau dari segi pengetahuan kimia, tumbuhan herbal ini kaya akan kandungan glikosida orthosiphonin, kandungan zat ini bermanfaat sebagai zat yang dapat melarutkan fosfor serta asam urat yang ada dalam tubuh kita, terutama pada bagian empedu serta kandung kemih, dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman obat yang satu ini. Nah setelah mengetahui secara persis tumbuhan kumis kucing ini, maka sekarang tinggal mencari tahu manfaat dari tanaman kumis kucing ini. Apa saja penyakit yang bisa di sembuhkan dari kumis kucing?.

Berikut beberapa manfaat tanaman kumis kucing:
1.Bermanfaat sebagai obat herbal peluruh kencing

Cara pembuatan obatnya: siapkan daun kumis kucing yang masih segar sekitar 1/4 genggam, kemudian rebuslah daun dengan segelas air bersih. Biarkan mendidih hingga hanya tersisa 1/2 gelas saja. Lalu Angkat dan dinginkan air rebusan. Minumlah air rebusan dua kali dalam sehari, catatan: perminum hanya setengah gelas.

2.kumis kucing bermanfaat untuk obat herbal nyeri buang air seni
Cara pembuatan Obatnya: Siapkan sekitar sejumput daun kumis kucing, lalu keringkam di tengah terik matahari, sehingga seperti teh, seduh dengan gula aren.

3.Manfaat kumis kucing sebagai obat herbal sakit pinggang
Cara pembuatan obatnya: siapkan sekitar 7 helai daun kumis kucing kemudian siapkan juga akar kumis kucing. Lalu potong akar menjadi 2 bagian dan rebus kedalam segelas air. Diamkan semalam dan minum air rebusan.

4.Manfaat kumis kucing obat herbal masuk angin
Cara pembuatan obatnya: siapkan sekitar satu sendok daun dari kumis kucing lalu rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, diamkan hingga ar rebusan tinggal setengah gelas saja. Minumlah air rebusan setelah dingin sekaligus.

5. Obat ampuh untuk penyakit batu ginjal
Sebagai obat batu ginjal sangat mudah membuatnya, siapkan saja bahan-bahannya: 25 gram daun kumis kucing, 25 gram daun ngokilo, 25 gram daun keji beling (dicuci), 25 gram daun meniran beserta akarnya. Cara membuatnya: campur semua ramuan tersebut di atas lalu rebuslah sampai mendidih dengan 4 (empat) gelas air. Cara pakai sebagai obat: Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)