Manfaat Kesehatan yang Ditawarkan dari Bersepeda

29 Desember 2017 Artikel Kesehatan


Bersepeda merupakan sebuah olahraga atau kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai salah satu moda transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah untuk dikendarai. Banyak orang yang memanfaatkan sepeda sebagai moda transportasi untuk menuju kantor, sekolah, pasar, dan sebagainya. Selain tidak menggunakan bahan bakar, bersepedajuga dapat menyehatkan tubuh.Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia dan jenis kelamin. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan sejumlah keuntungan dari aktivitas sederhana ini sebagai alat untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

Mereka yang memiliki begitu banyak kegiatan dan terlalu sibuk dengan urusan kantor ataupun tugas kuliah,sebaiknya memilih bersepeda sebagai salah satu latihan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.Bersepeda adalah salah satu latihan terbaik yang menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan,kegiatan ini dapat membantu anda memastikan kesehatan tubuh yang baik secara keseluruhan.Sayangnya,masih banyak yang belum sadar akan manfaat yang dapat diperoleh dengan bersepeda,bahkan sebagian orang merasa tidak perlu mengetahui bagaimana cara mengendarai sepeda karena terlalu takut untuk mencoba.Padahal yang dibutuhkan hanyalah sebuah sepeda,kemauan dan kepercayaan diri serta penyesuaian waktu.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan bersepeda:
1. Menjaga kesehatan Jantung

Bersepeda adalah salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung,meningkatkan denyut jantung dan juga meningkatkann sirkulasi darah,hal ini membuat anda lebih jauh dari penyakit jantung.

2. Membangun Otot yang Kuat
Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun faktanya, bersepeda adalah latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

3. Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat kesehatan terbaik yang ditawarkan dari olahraga bersepeda adalah mampu menurunkan berat badan. Bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk membakar kalori. Bersepeda dengan kecepatan sekitar 16 km/jam dapat membakar 260 kalori per jamnya. Hal ini menunjukkan bahwa bersepeda memang efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Hal ini membuat kegiatan tersebut menjadi populer terutama dikalangan yang selalu merasa risih dengan berat badan yang berlebih.Anda memberikan tekanan pada tubuh ketika mengayuh sepeda,sehingga membantu membakar kalori dan lemak dari tubuh .

4. Membangun Stamina
Bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memperbaiki mood atau suasana hati,dengan ini anda akan menyadari betapa olahraga ini memiliki banyak keuntungan bagi tubuh.

5. Mengatasi Stres
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bersepeda adalah kegiatan atau olahraga yang menyenangkan. Jika anda sedang stres, maka bersepedalah. Para ahli mengatakan bahwa hampir semua jenis olahraga termasuk bersepeda, dapat membantu mengurangi stres. Menghabiskan waktu di pagi atau sore hari untuk bersepeda sambil melihat-lihat indahnya pemandangan sekitar dinilai cukup efektif untuk mengurangi stres dan depresi.

Ternyata, meski terlihat mudah dan remeh, bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai biasakan untuk bersepeda secara teratur sekarang juga!.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)