Manfaat Gandum yang Wajib Diketahui bagi Kesehatan

2 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Gandum merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Serat yang terkandung dalam gandum sangatlah tinggi sehingga gandum sering dijadikan sebagai salah satu menu dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Umumnya gandum adalah karbohidrat berserat dan memberi anda banyak serat makanan.

Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi diantaranya karbohidrat 60% - 80%, protein 6% - 17%, lemak 1.5% - 2.0%, mineral 1.5% - 2.0% dan sejumlah vitamin. Manfaat gandum sebenarnya tidak hanya sebatas untuk menurunkan berat badan, namun dengan mengonsumsi gandum setiap hari juga bisa bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi gandum:
1. Mengurangi berat badan

Rutin mengonsumsi gandum bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi kalori dan menjaganya tetap terkontrol.Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin atau sedang melakukan diet penurunan berat badan.

2. Meningkatkan pencernaan
Karena gandum merupakan sumber yang kaya serat, gandum dapat membantu pencernaan.Gandum dapat membantu untuk sembelit dan juga bekerja sebagai pencahar alami. Dengan meningkatnya proses pencernaan, maka pasti berat badan anda juga bisa berkurang atau mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Membersihkan darah
Dengan menjadikan gandum sebagai asupan rutin harian ini sangat baik untuk membersihkan darah hingga mencegah beberapa penyakit akibat kelainan darah.

4. Terhindar dari penyakit jantung
Bagi penderita penyakit jantung, gandum adalah sahabat terbaik. Mengonsumsi gandum akan membuat jantung semakin sehat dan kuat.

5. Mencegah kanker
Kandungan seperti vitamin E, selenium, dan serat yang ada dalam gandum sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan seperti kanker.

Kalau ingin sehat, lidah harus dibiasakan untuk tidak selalu berpihak kepada yang serba lezat dan kurang menyehatkan. Sesekali mengkonsumsi yang lezat tentu tidak dilarang. Maka akan lebih bijak apabila sejak kecil anak dibiasakan mengonsumsi makanan dan menu yang menyehatkan, sehingga terbiasa pada menu makanan sehat,atara lain terbiasa dengan rasa gandum.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)