Manfaat Diet Sehat dengan Makan Ubi

16 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Sudah bukan rahasia lagi jika ubi adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Selain bernutrisi, ubi juga memiliki rasa yang enak dan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ubi ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Nah, jika Anda bingung mau memilih makanan sehat apa yang bisa dijadikan menu diet sehari-hari, maka mungkin Anda mau menyimpan ubi banyak-banyak di dapur. Makan ubi bisa mendukung cara diet Anda karena memiliki banyak kandungan sehat, antara lain:

Kaya serat

Ubi jalar mengandung serat diet yang tinggi. Jika Anda berusaha menurunkan berat badan, serat diet adalah hal yang perlu dikonsumsi. Makanan yang kaya serat diet akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah kebiasaan ngemil atau makan yang tidak sehat. Selain itu, serat diet akan menurunkan konsumsi kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Karbohidrat

Karbohidrat dalam ubi lebih rendah dari kentang. Jika Anda ingin tetap kenyang namun tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat, maka ubi adalah pilihan yang sangat baik.

Mengandung banyak air

Meski memang tidak sebanyak yang dimiliki buah semangka atau pir, namun ubi juga memiliki air yang membantu melancarkan pencernaan. Karena biasa dikonsumsi saat matang, ubi juga menunjang Anda untuk minum lebih banyak karena serat dan tekstur ubi yang padat, membuat Anda cepat haus.

Vitamin dan kalium/potasium

Ubi merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin C, kalium, B6, riboflavin, asam folat dan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan kalium dalam ubi lebih banyak dari pisang. Kalium sendiri sangat diperlukan untuk kesehatan jantung, tekanan darah tinggi, kesehatan tulang dan otak.

Jadi, dengan makan ubi Anda juga bisa menerapkan diet sehat dan alami.

Oleh: Josua M
(DIkutip dari berbagai sumber)