Manfaat Dibalik Tertawa

8 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Jika anda sedang stres dan memiliki perasaan yang tak menentu, lakukan satu hal mudah ini yaitu: tertawa. Tidak hanya sekadar tersenyum atau menyeringai, tetapi benar-benar tertawa. Ajak teman untuk berbincang dan membicarakan hal yang lucu. Sejenak anda akan merasa aneh untuk melakukannya, tapi setelah tertawa, anda akan merasa benar-benar bahagia. Kesibukan yang merajalela pasti membuat anda sulit untuk meluangkan waktu untuk berolah raga. Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, salah satu perguruan tinggi di San Francisco telah menemukan penemuan yang mencengangkan. Para peneliti telah membuktikan bahwa orang yang sering tertawa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada orang pemurung yang jarang tertawa.

Psikiater Dr William Fry dari Stanford Medical School mengatakan bahwa tertawa selama 1 menit bisa disetarakan dengan relaksasi 40 menit. Sedangkan tertawa sebanyak 100 kali setara dengan mendayung selama 10 menit.

Tertawa adalah sumber daya batin, dan manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk tertawa. Manusia harus memanfaatkan sepenuhnya.

Selain itu banyak juga manfaat-manfaat yang didapatkan, hanya dengan tertawa. Diantaranya:

1.Seperti yang diketahui secara umum tertawa dapat menghasilkan hormone endofin yg dapat meringankan beberapa macam gejala nyeri antara lain: nyeri sendi, sakit kepala, dan beberapa nyeri lainnya

2.Selain memperkuat sistem pernapasan kita, tertawa juga memelihara organ internal dan saluran pencernaan. Dibandingkan dengan teknik pijat, tertawa mampu mencapai otot bagian dalam perut dan memberi pijatan tersendiri. Pijat terbaik adalah saat usus mampu meningkatkan suplai darah yang pada gilirannya juga membantu pergerakan usus.

3.Bagian terbaik dari terapi tawa adalah dapat melatih otot-otot wajah. Tertawa merupakan latihan yang sangat baik untuk otot-otot wajah, otot tenggorokan, paru-paru dan otot perut. Ketika tertawa, wajah Anda akan tampak merah karena peningkatan suplai darah, membuat wajah Anda berseri. Selain itu, kelenjar air mata akan diperas selama tertawa, hal ini dapat membasahi dan menambahkan kilauan kecil pada mata.

Bahkan dalam salah satu kelas yoga, ada kelas yang dinamakan yoga ketawa. Kelas ini mengajak orang-orang untuk tertawa lepas, sehingga mencapai relaksasi maksimal dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat..

Tertawa juga merupakan obat terbaik dan paling ekonomis. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk tertawa.

(Dikutip dari berbagai sumber)