Manfaat Dibalik Minyak Ikan bagi Kesehatan dan Kecantikan

20 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Pernah mengkonsumsi minyak ikan? Tahukah Anda banyak manfaat yang diberikan olah minyak ikan? Minyak ikan memang diketahui memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi lengkap di dalamnya tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tapi juga dapat menjaga kesehatan mental dan kecantikan. Omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan adalah kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata minyak ikan juga baik bagi kecantikan dan perawatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya?

Berikut manfaat minyak ikan bagi kesehatan:
1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat minyak ikan yaitu mengurangi kadar trigliserida, kolesterol dan melunakkan sistem arteri yang mengeras. Minyak ikan juga mampu menjaga ritme kerja denyut jantung

2. Meningkatkan kecerdasan
Minyak ikan dipercaya mampu membantu meningkatkan kecerdasan seseorang. Kandungan yang terdapat di dalam minyak ikan mampu mencerdaskan otak serta meningkatkan kesehatan mental dan kecerdasan pola pikir. Kandungan tersebut adalah DHA, yang mana dapat membantu otak serta mata bayi berkembang. Selain itu, DHA juga dapat menghindari bayi dari resiko cacat.

3. Mencegah kanker
Kandungan Omega-3 di dalam minyak ikan dapat membantu mencegah penyakit kanker. Adapun penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi minyak ikan yaitu kanker usus, kanker prospat, kanker payudara. Kandungan omega-3 tersebut akan bekerja menjaga sel di dalam tubuh

4. Mencegah penyakit asma
Fungsi minyak ikan juga dapat memperlancar saluran pernapasan yang menghindari Anda dari resiko penyakit asma.

5. Mengatasi hipertensi
Omega-3 yang terdapat di dalam minyak ikan juga dapat melindungi anti-inflamasi. Selain itu, omega-3 ini juga memiliki anti pengentalan darah sehingga akan mengalir dengan lancar di dalam tubuh

Manfaat minyak ikan untuk kecantikan dan perawatan tubuh;
1. Diet

Salah satu manfaat minyak ikan yaitu dapat membantu program diet sehat. Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin dapat membantu menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan. Jadi, jika Anda sedang menjalankan program diet, maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi minyak ikan dengan rutin.

2. Melembabkan kulit
Manfaat lain minyak ikan yaitu dapat melembabkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 di dalamnya. Selain itu, minyak ikan juga mampu membuat sel kulit tampak lebih kencang sehingga Anda pun terlihat awet muda karena omega-3 mampu meningkatkan kolagen.

3. Memperkuat rambut
Minyak ikan juga bermanfaat bagi kesehatan rambut, yaitu memberikan kandungan seperti protein. Protein tersebut dapat membantu memperkuat serta menumbuhkan rambut baru.

Masih banyak lagi manfaat minyak ikan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsinya. Jadi jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis, maka Anda bisa mulai rutin mengkonsumsi minyak ikan dari sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagi sumber)