Manfaat Dibalik Mengkonsumsi Jahe Mentah

29 April 2016 Artikel Kesehatan


Jahe atau zingiber officinale sejak lama banyak dimanfatkan oleh masyarakat sebagai bumbu masak. Selain sebagai bumbu masak, jahe biasanya diolah juga sebagai minuman penghangat tubuh dan bahkan mengobati berbagai penyakit. Sebagai rempah-rempah, jahe memang mengandung banyak sifat obat. Jahe berisi gingerol dan shogaols yang merupakan senyawa anti-inflamasi yang berperan melawan infeksi tertentu. Untuk mengobati berbagai penyakit ringan, jahe bekerja lebih baik daripada obat yang lain. Bahkan, jahe adalah obat terbaik untuk sakit tenggorokan, kram saat menstruasi, gangguan pencernaan, batuk dan pilek.

Berikut manfaat sehat mengkonsumsi jahe mentah:
1. Kesehatan Jantung

Jahe dapat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, khususnya kolesterol dalam darah. Hal ini tentu saja berarti bahwa jahe dapat menurunkan potensi serangan penyakit stroke dan jantung koroner.

2. Anti Racun
Mengkonsumsi jahe dapat bermanfaat untuk mendetoks atau membuang racun yang ada di dalam tubuh. Jahe juga berfungsi untuk membantu melindungi organ hati yang mana fungsi utama hati adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

3. Redakan Flu
Mengkonsumsi jahe terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga berbagai macam penyakit, seperti flu dan pilek tidak mudah menyerang. Jahe juga dapat berfungsi sebagai zat antimikroba dan antivirus yang dapat mengusir bakteri dan virus penyebab flu.

4. Menyehatkan Pencernaan
Helico pylori yang terkandung dalam jahe mampu membunuh bakteri jahat dan ini bertanggung jawab atas berbagai masalah pencernaan seperti mulas dan maag.

5. Atasi Sakit Kepala
Salah satu manfaat mengunyah jahe mentah yang sudah terbukti adalah mampu meredakan sakit kepala.

6. Mengurangi Resiko Kanker Usus
Mengkonsumsi jahe dapat memberikan perlindungan usus dari zat karsinogen yang dapat menjadi penyebab salah satu kanker. Senyawa kimia yang ada di dalam jahe akan melindungi dinding sel usus besar dari tumbuhnya sel-sel kanker.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)