Manfaat Dibalik Cabai Hijau yang Wajib Diketahui

21 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Cabe hijau adalah bahan yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan, terutama aneka masakan Padang dan Jawa misalnya. Penggunaan cabe hijau diolah menjadi bumbu wajib yang kerap digunakan selain cabe merah dan cabe rawit.Ketika berbicara mengenai cabai, yang ada di benak kita pertama kali tentu rasa pedas dan bumbu masak. Ya, seperti yang kita tahu, cabai adalah salah satu bumbu masak yang banyak digunakan di dalam masakan khas Indonesia. Cabai sendiri memiliki beragam jenis mulai dari warna hingga ukurannya. Meskipun rasanya pedas, cabai memiliki banyak nutrisi dan manfaat tersembunyi yang baik untuk kesehatan. Dan salah satu cabai yang memiliki banyak manfaat tersebut adalah cabai hijau. Penasaran kira-kira apa saja manfaat dari cabai hijau?

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cabai hijau adalah salah satu makanan yang tinggi akan vitamin C dan A serta nutrisi penting lain bagi tubuh. Karena nutrisi yang tinggi dan kandungan vitamin C serta A yang tinggi ini pulalah, cabai hijau dikatakan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Saat menderita flu atau batuk, mengkonsumsi cabai hijau 3 sampai 5 buah dipercaya mampu menyembuhkan flu dan membuat tubuh makin sehat.

Mencegah kanker

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas dan juga cabai hijau, Anda perlu berbahagia. Pasalnya, nutrisi yang terkandung dalam cabai hijau mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Sifat antioksidan yang tinggi dari cabai hijau dipercaya mampu mencegah risiko kanker dalam tubuh.

Memperbaiki suasana hati

Ketika kita mengkonsumsi cabai hijau, secara tidak sadar maka kita akan melepas hormon endorfin yang bisa membuat perasaan makin baik dan lebih gembira dari sebelumnya. Nutrisi yang terkandung dalam cabai dipercaya mampu membuat perasan menjadi lebih baik, lebih semangat dan pikiran lebih konsentrasi.

Meningkatkan sistem pencernaan

Banyak yang beranggapan cabai hijau dapat mengganggu sistem pencernaan. Padahal cabai hijau justru memperbaiki sistem pencernaan Anda. Karena cabai hijau kaya serat sehingga mampu membersihkan usus Anda.

Dapat menurunkan gula darah

Cabai dikenal sebagai makanan yang memiliki nutrisi baik dan penting dalam menjaga kadar gula darah seseorang. Nutrisi alami yang terkandung dalam cabai bahkan dipercaya mampu mencegah risiko diabetes dan menurunkan kelebihan gula darah dalam tubuh. Vitamin A, K dan C yang tinggi pada cabai adalah salah satu alasan kenapa cabai sangat baik untuk bantu memaksimalkan kesehatan tubuh seseorang.

Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari cabai hijau. Selain manfaat di atas, cabai hijau juga dipercaya mampu memperbaiki kesehatan pencernaan, mencegah risiko jantung, menyehatkan mata dan menyehatkan kulit. Jadi, bagi Anda yang masih belum suka dengan makanan pedas atau cabai hijau, usahakan untuk melatih diri dengan menyukainya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)