Manfaat Dibalik Air Kencing yang Perlu Diketahui

7 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Sejak lama kita diajarkan bahwa air kencing atau urine adalah sisa pembuangan dari tubuh yang kotor dan jorok. Urine mengandung zat-zat sisa dari dalam tubuh yang tidak menyehatkan dan bisa menyebabkan penyakit. Namun faktanya, ternyata urine juga memiliki manfaat untuk manusia.

Namun, para peneliti berhasil membuat kejutan dari air kencing yaitu berupa manfaat-manfaat air kencing yang ditemukan dari hasil penelitiannya. Air kencing diketahui mengandung 95% air, 5% urea, chloride, sodium, potassium dan zat organik atau non organik lainnya. Kandungan inilah yang membuat air kencing bisa digunakan untuk banyak banyak hal.

Nah, mau tahu manfaat air kencing? Berikut manfaatnya:

1. Memutihkan gigi

Orang -orang zaman dahulu menggunakan ammonia pada urine yang sudah disimpan lama untuk memutihkan gigi mereka. Tidak hanya itu, produk pemutih gigi saat ini pun mengandung urea dan asam urea. Oleh karena itu, air kencing bisa memutihkan gigi.

2. Menyuburkan tanaman
Air kencing diketahui mengandung nitrogen. Nah, kandungan nitrogen ini bisa dimanfaatkan untuk penyubur tanaman yang sangat efektif. Jadi,Tidak ada salahnya Anda mencampurkan air kencing kedalam kompos untuk menyuburkan tanaman Anda.

3. Kemungkinan menjadi air minum
Air kencing memang diketahui sangat kotor dan menjijikkan. Oleh karena itu air kencing tidak mungkin menjadi air minum untuk manusia. Namun, NASA tengah melakukan percobaan agar air kencing menjijikkan ini bisa didaur ulang dan menjadi air minum yang sehat bagi manusia.

4. Perawatan kesuburan
Peneliti telah melakukan ekstrak hormon kesuburan dari urine pada wanita yang belum mengalami menopause. Hormon tersebut mereka gunakan untuk membuat obat kesuburan yaitu Menopur dan Pergonal.

5. Mencegah jamur kaki
Kaki sering berjamur? Anda mungkin tidak akan berpikir untuk mengencinginya. Namun sejak lama, tentara yang berada di hutan sering mengencingi kaki mereka sendiri untuk mencegah atau menyembuhkan jamur pada kaki mereka.

Beberapa manfaat tersebut masih dalam proses penelitian dan ada yang sudah terbukti. Namun beberapa di antaranya belum diteliti lebih lanjut. Sementara itu, dalam bidang kecantikan urine juga dipercaya bisa membersihkan jerawat, membuat rambut cepat tumbuh, dan menghilangkan ketombe. Hal ini diklaim oleh Proponents of Urine Therapy.

Apa Anda percaya dan ingin mencoba menggunakan urine untuk hal-hal di atas?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbgaai sumber)