Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

2 November 2018 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak mengenal daun sirih? Jika Anda tinggal di Indonesia pasti telah mengenal daun asli Indonesia yang tumbuh merambat pada pohon lain. Daun sirih memang memiliki aroma yang berbeda dengan daun yang lain dan inilah yang menjadi ciri khas dari tanaman ini. Tanaman ini tingginya dapat mencapai 15 meter. Batang dari tanaman sirih ini berwarna coklat kehijauan dan beruas sebagai tempat keluarnya akar. Daunnya memang unik dan berbentuk jantung yang tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Daun sirih ternyata memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan. Seperti halnya: minyak atsiri, fenil propane, estragol, seskuiterpen, hidrosikavikol, diatase, pati, kavikol, dan zat samak. Kandungan tersebut bekerja aktif untuk memberikan perlindungan terhadap tubuh dan mengatasi berbagai keluhan yang dialami tubuh. Karena begitu banyaknya manfaat yang di dapat dari daun sirih, sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh:
1. Menyembuhkan sakit batuk

Cukup ambil 20 helai daun sirih dan direbus bersama 3 gelas air, sampai airnya tinggal ¾ gelas. Nah, setelah dingin dapat Anda minum dengan madu ataupun menambahkan sedikit gula, minum sehari 3 kali.

2. Mimisan
Ambil satu helai daun sirih muda dan dicuci, kemudian remas-remas sebentar supaya agak lemas, tapi ingat! jangan sampai robek daunnya. Kemudian gulung dan sumbatkan ke hidung yang mimisan atau mengeluarkan darah.

3. Luka bakar
Anda sediakan daun siri segar, kemudian cuci, dilumatkan dan diperas. Setelah itu airnya diberi sedikit madu dan balurkan ke bagian yang terkena luka bakar.

4. Bisul
Ambil 5 helai daun sirih dan dicuci, kemudian lumatkan dan balurkan pada bisul. Setelah itu Anda balut. Sehari dapat Anda ganti sebanyak 2 kali.

5. Gusi berdarah
Ambil 5 helai daun sirih, rebus dengan 2 gelas air. Nah, setelah dingin airnya dapat Anda pakai untuk berkumur.

6. Bau mulut
Ambil 5 helai daun sirih, dicuci dan direbus bersama 3 gelas air. Setelah dingin dapat Anda gunakan untuk berkumur. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

Daun sirih ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, Anda dapat membuat ramuannya menggunakan daun sirih untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)