Manfaat Daun Pisang yang Belum Anda Ketahui

20 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun pada tumbuhan memiliki banyak manfaat. Bagi sebagian orang mungkin daun tidak begitu berguna dan kerap menjadi limbah atau sampah. Namun, tidak dengan daun pisang.

Daun pisang yang biasanya dimanfaatkan untuk pembungkus makanan tradisional khas Indonesia ternyata masih punya beragam manfaat lain lho. Apa saja manfaat dari daun pisang?

Meredakan Gigitan Serangga

Daun pisang ini dikenal dengan sebutan si penghapus alami. Oleh karena itu, daun pisang ini dapat meredakan gigitan serangga beracun, gigitan lebah dan lain-lain.

Bahan Pembungkus Makanan

Manfaat yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Hal ini sangat populer di lingkungan masyarakat. Tahukah Anda? Daun pisang mengandung polifenol dalam jumlah yang cukup banyak. Polifenol merupakan kelompok bahan kimia dengan lebih dari satu unit fenol per molekul.

Senyawa yang juga banyak ditemukan pada daun teh ini mampu membuat daun teh memiliki aroma yang khas. Karena itu, makanan yang dibungkus dengan daun pisang memiliki aroma dan cita rasa yang khas dibandingkan makanan yang dibungkus dengan plastik/kertas.

Obat Luka Kecil dan Ketombe

Penggunaan sari dari jus daun pisang secara segar secara bertahap akan menyembuhkan gangguan hingga keakarnya.

Obat Alami Pereda Demam

Manfaat daun pisang lainnya adalah sebagai obat alamiah penghilang demam. Jenis daun pisang yang digunakan biasanya adalah daun pisang yang masih muda (pupus). Caranya, bersihkan daun pisang muda (jumlahnya cukup satu pelepah saja), kemudian oleskan minyak kelapa pada bagian permukaannya.

Setelah itu, tempelkan daun tersebut pada bagian dahi, leher perut dan juga punggung orang yang sakit. Tunggu beberapa saat sampai demam hilang. Kandungan yang dimiliki polifenol dalam daun pisang memiliki manfaat sebagai peningkat system kekebalan tubuh sehingga mampu menurunkan suhu tubuh orang yang sakit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)