Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

11 September 2016 Artikel Kesehatan


Daun kelor adalah daun tanaman asli Indonesia dan sudah menjadi sayuran yang cukup populer. Banyak studi yang meneliti kandungan daun kelor ini karena manfaatnya bagi kesehatan. Daun kelor yang berasal dari tumbuhan suku Moringaceae, memang sejak dahulu sudah menjadi primadona untuk sayuran favorit di rumah. Daun kelor mempunyai bentuk telur dengan ukuran daun yang kecil ini tersusun secara mejemuk dalam satu tangkai.

Anda mungkin pernah mencicipi teh daun kelor. Teh ini mengandung polyphenol yang tinggi dan juga bekerja sebagai antioksidan. Sehingga dapat bekerja untuk memperkuat sistem imunitas tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Namun sepertinya daun kelor ini tersisihkan dengan munculnya beragam makanan olahan modern. Padahal daun ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:
1. Baik untuk kesehatan kulit

Daun kelor yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Nah, kedua zat ini baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang jika dimanfaatkan secara rutin sebagai sayur maka baik untuk menghaluskan kulit dan mencegah jerawat. Daun kelor dapat juga dijadikan masker, caranya dengan ditumbuk dan dioleskan ke seluruh wajah. Maka wajah akan semakin halus dan cantik.

2. Mencegah diabetes
Tahukah Anda dengan mengkonsumsi daun kelor sebagai sayuran yang menyegarkan di rumah dapat melindungi keluarga Anda dari penyakit gula atau diabetes. Fungsi daun kelor yang dapat menormalkan dan mengurangi kadar gula dalam darah. Daun kelor ini dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes, Caranya sangat mudah, tinggal Anda masak daun kelor ini seperti masak sayur bening.

3. Membuat mata lebih sehat
Mungkin Anda tidak mengira jika daun kelor juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun kelor maka akan membuat mata akan senantiasa dalam keadaan sehat dan jernih. Kabar baiknya, daun kelor dapat menyembuhkan sakit mata. Caranya yaitu dapat memakan secara langsung atau air rebusan daun kelor dapat Anda basuhkan ke mata yang sakit sampai sembuh setiap harinya.

4. Mencegah kanker
Daun kelor juga kaya akan antioksidan. Selain itu juga mengandung potasium. Karena kandungan antioksidan yang tinggi, maka daun kelor dapat dipakai untuk mencegah kanker, dapat memperlambat perkembangan sel kanker bahkan sampai menghentikan sel kanker tersebut.

5. Mengobati sakit rematik
Rematik jika kambuh terasa menyakitkan di persendian. Daun kelor ini dapat mengobati rematik dan dapat mengurangi rasa sakit pada persendian, sekaligus dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Itulah berbagai macam penyakit yang dapat diobati dengan daun kelor. Jadi, daun kelor sangat baik dikonsumsi setiap hari, bisa dikonsumsi berupa sayuran bening yang segar atau diseduh dalam bentuk teh daun kelor.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)