Manfaat dari Sayur dan Buah Bisa Dilihat dari Warnanya Lho...

13 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Sayuran dan buah sudah bukan rahasia umum lagi karena selain membuat kita sehat, juga memberikan manfaat yang beragam bagi tubuh kita seperti terhindar dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, kolesterol, darah tinggi dan penyakit kronis lainnya.

Tidak hanya itu saja kegunaanya, sayur dan buah bisa dijadikan "obat" diet bagi mereka yang ingin melakukan penurunan berat badan. Biasanya sayur dan buah memiliki warna yang berbeda untuk sayuran lebih dominan berwarna hijau dan untuk buah-buahan, warnanya beraneka ragam. Namun tahukah anda jika manfaat buah dan sayur bisa dilihat berdasarkan warnanya? Jika belum tahu, yuk kita lihat manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya.

1. Hijau

Buah-buahan berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin. Kandungan lutein dan zeaxanthin tersebut selain memberikan warna hijau juga terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, dapat menghambat dan menahan perkembangan sel kanker yang hidup, menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna hijau di antaranya bayam, brokoli, kangkung, sawi dan pare.

2. Biru dan Ungu

Buah-buahan berwarna biru mengandung pigmen antosianin dan flavonoin. Kedua pigmen itulah yang memberikan warna alami biru atau ungu pada buah dan sayuran. Kandungan pigmen itu juga mampu menjadikan antosianin dan flavonoin sebagai antioksidan. Sehingga buah berwarna biru seperti anggur, bit dan blueberri ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, melindungi otak dari kerusakan, menghambat sel tumor dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

3. Jingga
Buah dan sayuran berwarna terang ini terkenal dengan kandungan beta karoten. Bila mengonsumsi beta karoten setiap hari, ia akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A bermanfaat bagi mata, tulang dan sistem kekebalan tubuh agar tetap seimbang.

4. Kuning
Buah-buahan yang berwarna kuning seperti jeruk dan lemon kaya akan bioflavonoid yang bekerjasam dengan vitamin C untuk meningkatkan vitalitas kulit, kekuatan tulang dan gigi serta mereduksi kanker dan penyakit jantung.

5. Putih

Buah-buahan berwarna putih mengandung alicin. Alicin ini bisa membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Manfaat lainnya alicin juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah dan sayur berwarna putih di antaranya bawang putih, bawang bombay, kembang kol dan pir.

6. Merah

Buah berwarna merah contohnya tomat, semangka, anggur dan pepaya. Buah-buahan ini mengandung phytochemical (zat warna yang melekat di kulit buah) berupa likopen. Likopen tersebut selain memberikan warna merah pada buah juga efektif sebagai zat antioksidan. Dengan kandungan antioksidan tersebut bisa membuat tubuh mampu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti prostat.

(Dikutip dari berbagai sumber)