Manfaat dari Berkeringat

4 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Berkeringat adalah proses yang alami. Ketika merasa lelah, setelah beraktivitas, dan tubuh menjadi panas, biasanya seseorang akan berkeringat. Keringat muncul karena otak berusaha tetap dingin dan nyaman, sehingga bagian hypothalamus pada otak berusaha untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan berkeringat. Tetapi, terkadang ada beberapa orang yang tidak menyukai berkeringat. Selain dapat menimbulkan bau badan, mereka berpikiran bahwa berkeringat juga menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Namun sebenarnya berkeringat dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Sebab ketika berkeringat, kelenjar keringat Anda aktif mengeluarkan cairan dan racun yang ada di dalam tubuh. Selain manfaat tersebut, berikut adalah manfaat lain dari berkeringat bagi kesehatan.

Mencegah bisul dan jerawat
Salah satu manfaat kesehatan dari berkeringat adalah menjaga pori-pori tetap bersih. Berkeringat akan membuka pori dan menghilangkan semua bakteri yang ada di dalamnya. Ketika tak berkeringat, bakteri akan menumpuk di dalam pori dan memicu jerawat atau bisul.

Membuang racun dari tubuh
Berkeringat dapat membersihkan zat berbahaya seperti alkohol, kolesterol dan garam dari tubuh. Penelitian menemukan bahwa 30% racun dari tubuh dibuang lewat keringat. Ginjal membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, namun berkeringat menghilangkan racun lebih cepat.

Membakar kalori
Berkeringat sebenarnya merupakan cara yang bagus untuk membakar kalori. Bahkan jika Anda sedang tidak berolahraga, Anda dapat melakukan sauna yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Mempercantik kulit
Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori yang sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

Menurunkan stres
Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres.

Mencegah infeksi dan pilek
Sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat seseorang lebih mudah terkena infeksi dan pilek. Berkeringat akan membantu Anda mencegah infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat akan membantu menangkal kuman penyakit dan patogen.

Mengurangi risiko batu ginjal
Manfaat kesehatan yang besar dari berkeringat adalah mencegah batu ginjal. Batu ginjal biasanya terjadi ketika garam dan kalsium menumpuk pada ginjal. Ketika Anda berkeringat, garam akan dihilangkan dari tubuh, begitu juga dengan kalsium yang akan terserap oleh tulang. Dengan begitu, kemungkinan terkena batu ginjal akan semakin tipis.

Memperlancar sirkulasi darah
Berkeringat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)