Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat

23 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Mandi adalah suatu aktivitas yang kita lakukan untuk membersihkan diri kita setelah seharian beraktivitas. Tidak ada aturan tertulis, berapa banyak dan kapan kita harus mandi, namun ada baiknya kita mandi 2 kali sehari, di pagi hari saat kita akan mulai beraktivitas dan sore hari setelah kita beraktivitas. Kebiasaan mandi secara teratur dapat menghilangkan bau badan, debu dan sel-sel kulit mati. Mandi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, namun bisa juga untuk menjaga penampilan agat tetap segar, menjauhkan diri agar tidak stress, juga dapat memelihara kesehatan tubuh.

Mandi dengan air hangat memang akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh kita.Terutama pada malam setelah beraktifitas ataupun pada pagi hari yang dingin setelah bangun tidur. Mandi air hangat banyak memberikan manfaat,namun sekaligus juga bisa membahayakan kesehatan. Ada banyak ahli kesehatan memperingatkan tentang resikonya mandi berendam air hangat ini bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu.

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, disarankan untuk tidak mandi air hangat. Hal ini bagi penderita justru akan berpotensi untuk membuat tekanan darah semakin melonjak lebih jauh. Dan untuk penderita darah rendah, mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah terlalu jauh. Orang gemuk dan orang yang memiliki masalah dengan peredaran darah juga disarankan tidak mandi menggunakan air hangat.

Sementara itu, beberapa kondisi kesehatan lain akan mendapatkan keuntungan dari mandi air hangat. Sebagai contoh, bagi penderita sindrom kaki gelisah (Restless Leg Syndrome) mungkin tidak memerlukan obat untuk Restless Leg Syndrome. Cukup untuk mengatasinya dengan berendam dalam air hangat selama sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Pada beberapa kasus mandi berendam air hangat sekitar satu jam sampai dua jam sebelum tidur akan mencengah penyakit yang terkait dengan RLS. Mandi air hangat juga dianjurkan sekitar dua jam sebelum tidur, bagi orang yang menderita insomnia, akan tetapi tidak disarankan untuk merendam dalam air hangat selama lebih dari lima belas menit.

Manfaat mandi air hangat juga baik untuk mengurangi ketengangan dan stres. Mandi berendam air hangat juga dapat membantu untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang berhubungan dengan arthritis. Penelitian telah dibuktikan bahwa mandi air hangat dapat membantu sindrom kelelahan kronis, serta kondisi tubuh lain yang berhubungan dengan kulit atau sirkulasi darah. Dengan catatan, bagaimanapun masalah sirkulasi darah tertentu juga bisa berbahaya jika mandi air hangat. Untuk itu sebaiknya bertanya kepada ahli kesehatan jika ingin mandi berendam dengan air hangat yang mungkin terkait dengan kondisi kesehatan tubuh anda.

Mandi air hangat disarankan dengan suhu sekitar 30-35 derajat celsius, serta tidak berendam lebih dari lima belas menit. Mandi air hangat akan berefek pada darah dan pikiran, maka mandi air hangat harus dilakukan pada malam hari, mandi air hangat dipagi hari tidak disarankan karena darah masih perlu dipompa.

Perlu diingat, mandi dengan air hangat bisa membahayakan bagi individu yang menderita obesitas, memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah rendah atau darah tinggi, masalah sistem peredaran darah, diabetes atau ibu hamil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)