Manfaat dan Khasiat Bunga Kertas untuk Kesehatan

20 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Bunga kertas adalah bunga yang berasal dari tumbuhan yang tumbuh didataran tinggi pegunungan di Meksiko, Bunga ini juga termasuk kedalam tanahaman hias yang banyak digemari dinegara asalnya. Di Indonesia sendiri belum banyak orang yang tau mengenai khasiat bunga kertas untuk kesehatan dan pengobatan penyakit.

Bunga kertas atau bougainvillea ini merupakan tanaman asli dari Meksiko. Bunga kertas merupakan tanaman hias yang sangat populer, dengan berbentuk pohon kecil yang sukar tumbuh dengan tegak, memiliki warna-warna cerah dengan rimbunnya. Tanaman bunga kertas dapat ditemukan hingga ketinggian 1.400 mdl.

Bunga kertas biasanya akan tumbuh dengan subur ditempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. Bentuk bunganya seperti bunga aster dengan warna yang beragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan yang keluar dari ujung batang. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan tepatnya meksiko ini merupakan tanaman yang sering di tanam di kawasan perumahan.

Ketika waktunya berbunga, tanaman ini memiliki kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bougainvillea disebut bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai cirri-ciri seperti kertas. Selain digunakn sebagai tanaman hias, bunga kertas juga dipercaya sebagai tanaman herbal, karena memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit.

Berikut manfaat bunga kertas Untuk kesehatan:

1.Berkhasiat untuk mengatasi kencing nanah.
2.Berkhasiat untuk mengatasi dan mengobati bisul
3.Berkhasiat untuk mengobati disentri.
4.Berkhasiat untuk menyembuhkan sakit pada putting susu.

Cara penggunaan bunga kertas ini tidaklah sulit. Untuk mengobati luka luar, Anda hanya perlu membuat ramuan dengan cara digiling hingga halus dan segera ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Sedangkan untuk pemakaian luka dalam, Anda hanya perlu meminum air rebusan dari bunga kertas.

Meskipun tanaman ini merupakan tanaman berukuran kecil dan berbentuk corong, namun ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)