Manfaat dan Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

27 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Buah sawo atau Achras Sapota L, buah yang memiliki aroma yang harum dan rasanya manis ini, memang sangat mudah di dapat di sekitar kita. Dalam bahasa Inggris, Sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Buah Sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. sawo merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Namun tahukah anda bahwa buah mungil berwarna coklat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Sejak dahulu buah ini memang terkenal memiliki kaya manfaat salah satunya mencegah terjadinya kanker.

Kandungan buah sawo yang sangat ideal bagi tubuh merupakan faktor utama dari banyaknya khasiat yang dimiliki buah ini. Berdasarkan penelitian, buah sawo memiliki berbagai macam kandungan seperti: kalsium, magnesium, fosfor, selenium, seng, tembaga, vitamin C, asam folat dan masih banyak lagi. Lalu apa manfaat buah sawo secara umum jika dilihat dari nutrisi yang terkandung buah ini?

1. Mengobat Wasir dan Diare
Buah sawo memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi, mengandung antioksidan serta senyawa poli-fenolik. Tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Hal inilah yang membuat buah sawo baik untuk penderita wasir dan diare.

2. Mencegah Kanker Usus
Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

3. Mengobati Disentri
Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari.

4. Pencegahan Infeksi
Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.

Sawo juga memiliki kandungan tanin yang bermanfaat sebagai anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Selain itu, sawo juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A penting untuk penglihatan, sementara vitamin C berperan sebagai antioksidan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)