Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

3 November 2017 Artikel Kesehatan


Pepaya merupakan buah tropis yang dikenal dengan sebutan Caricapapaya. Buah tropis yang pertama kali di budidayakan di beberapa wilayah benua Amerika, di sinyalir dari bagian selatan Mexico dan Amerika tengah. Pada perkembangannya, budidaya pepaya meluas hingga ke beberapa bagian benua dan negara tropis seperti India, Thailand dan Indonesia.

Buah pepaya juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Penanaman pepaya membutuhkan suhu rendah untuk menopang pertumbuhan sehingga sangat cocok ditanam di daerah tropis. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar bila populasi pohon pepaya sangat banyak ditemukan di negara kita. Masyarakat bisa mendapatkan buah pepaya untuk konsumsi sehari-hari dengan mudah.

Pepaya adalah buah yang besar, tinggi pohonnya dapat mencapai 5 hingga 7 meter. Uniknya adalah daunnya tersusun secara spiral dibagian atas pohon. Di India, pepaya dikenal luas sebagai bagian dari pengobatan herbal, pepaya memiliki varian berdasarkan budi dayanya, namun biasanya didasarkan menurut warna: pepaya merah, pepaya kuning dan pepaya hijau.


Buah pepaya kaya akan gizi dan mengandung berbagai asam amino, karbohidrat, vitamin dan mineral. Termasuk di antaranya adalah kalium,kalsium,zat besi,folat,serat makanan,vitamin A,C,E,B kompleks dan provitamin A karotenoid.

Meskipun kaya nutrisi,pepaya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan hampir tidak mengandung kolesterol. Biji buah pepaya mengandung berbagai asam lemak dan protein.

Karena kaya mineral,buah pepaya baik untuk menguatkan tulang,mencengah kram otot,memperkuat kontraksi otot,meningkatkan energi dan mood dll. Tingginya kandungan vitamin A membuat pepaya baik untuk membantu perawatan selaput lendir, sehingga pepaya sering digunakan untuk pengobatan beberapa jenis masalah atau penyakit sinus.

Buah pepaya diyakini baik untuk membantu melancarkan dan memperbaiki proses pencernaan karena kaya akan serat makanan (fiber) dan senyawa chymopapain dan papain. Buah pepaya sering digunakan sebagai obat kesulitan buang air besar. Namun demikian, kandungan nutrisi masing-masing varian buah pepaya berbeda-beda. Di beberapa negara, papain juga digunakan sebagai obat oles kulit untuk mengobati luka bakar,ruam dan sengatan dari binatang.

Kandungan vitamin C pada buah pepaya jauh lebih tinggi daripada yang dikandung oleh beberapa jenis jeruk, sehingga lebih efektif untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencengah beberapa penyakit dari masuk angin dan flu hingga kanker.

Mengkonsumsi atau menggunakan produk-produk olahan yang berbahan dasar pepaya, yang banyak dijumpai di pasar, seperti sabun pepaya, kecap pepaya, pil pepaya, manisan pepaya dan sebagainya, juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)