Manfaat Coklat Hangat untuk Kesehatan Tubuh

13 September 2018 Artikel Kesehatan


Coklat hangat adalah minuman panas yang di buat dari cokelat dengan air atau susu hangat. Minuman ini sangat di sukai banyak orang terutama untuk anak-anak karena memiliki rasa yang lezat serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dibalik itu semua minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta banyak terdapat kandungan gizinya. Kandungan yang terdapat dari minuman ini meliputi kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, kafein dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat coklat hangat untuk kesehatan:
1. Meningkatkan kekuatan otak

Beberapa pakar kesehatan mengemukakan bahwa minuman coklat hangat mampu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini juga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Hal ini akan membantu kita untuk berfikir lebih baik.

2. Meningkatkan suasana hati
Minuman lezat ini dapat melawan stres, kecemasan. Hal ini dikarenakan minuman ini mampu untuk merangsang pelepasan endorfin yang membantu untuk meningkatkan mood. Selain itu minuman ini juga mampu untuk membuat merasa lebih bahagia. Namun tidak di anjurkan untuk menambahkan gula secara berlebihan ke dalam minuman ini karena dapat membahayakan kesehatan.

3. Menurunkan tekanan darah
Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini merupakan antioksidan. Antioksidan berperan untuk menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini tentu akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

4. Baik untuk kesehatan jantung
Suatu penelitian pernah mengatakan bahwa jika kita meminum coklat hangat , meskipun hanya dua atau tiga kali setiap minggu, maka tekanan darah kita akan menurun. Minuman ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, minuman ini juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah

5. Menghambat penuaan
Keuntungan lain dari mengkonsumsi minuman ini adalah membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Minuman coklat hangat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Kandungan vitamin yang terkandung di dalam minuman ini sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu minuman ini juga mampu untuk meningkatkan kesehatan mata sehingga membuat kita terhindar dari penyakit yang mengenai mata seperti kebutaan dan katarak.

Itulah beberapa manfaat coklat hangat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)