Artikel Kesehatan
10 Juni 2013

Manfaat Bunga Kembang Sepatu bagi Tubuh dan Kesehatan

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat popular. Untuk beberapa daerah kembang sepatu memiliki nama yang lain misanya: Aceh (bungong raya), Batak (bunga-bunga), Sunda (kembang were),dll. Kembang sepatu, merupakan jenis tanaman bunga yang kerap ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Kembang sepatu memiliki variasi warna yang cukup beragam, seperti merah, kuning, putih, dan lain-lain.

Selain dari sebagai jenis tanaman hias, khasiat kembang sepatu untuk kesehatan sangat banyak sekali, ini tentunya karena diyakini kembang sepatu mampu mengobati atau mencegah berbagai jenis penyakit, dan berikut ini adalah beberapa khasiat kembang sepatu dan cara mengolahnya;

1.Khasiat kembang sepatu untuk batuk lendir dan berdarah. Siapkan 2 kuntum kembang sepatu yang masih segar, remas-remas kembang sepatu tersebut, seduh dengan air panas 400 mil. Tutup dan biarkan selama semalaman, saring ambil airnya pada esok harinya, tambahkan dengan madu lebah secukupnya dan minum air ramuan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

2.Khasiat kembang sepatu untuk gondongan. Siapkan 30 gram kembang sepatu yang masih segar, cuci sampai bersih, rebus ramuan tersebut dengan volume air 400 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil, saring ambil airnya,minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama

3.Khasiat kembang sepatu untuk radang saluran napas. Siapkan dua kuntum kembang sepatuyang masih segar,cuci sampai bersih,giling kembang sepatu tersebut sampai lumat,tambahkan air putih (matang) 100 mil,tambahkan dengan sedikit garam dapur,aduk sampai rata kemudian peras ambil airnya,minum air ramuan tersebut dua kali sehari dengan dosis yang sama.

4.Khasiat kembang sepatu untuk demam malaria. Siapkan 50 gram daun kembang sepatu, setengah lembar daun papaya,10 gram garam inggris, rebus ramuan tersebut dengan volume air setengah liter sampai mendidih, saring ambil airnya,minum air ramuan tersebut selagi hangat

5.Khasiat Kembang sepatu untuk sariawan. Siapkan 30 gram daun kembang sepatu, cuci sampai bersih, seduh dengan air panas 100 mil selama kurang lebih 15 menit, dinginkan, saring ambil airnya, minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

6.Khasiat kembang sepatu untuk memperlancar haid. Siapkan 3 kuntum kembang sepatu yang masih segar, cuci sampai bersih, giling kembang sepatu tersebut sampai lumat, tambah dengan 150 mil air matang dan tambahkan cuka beras putih secukupnya, aduk sampai rata, saring ambil airnya, minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sekali minum 100 mil.

Selain Khasiat kembang sepatu diatas,bunga ini juga dianggap sebagai bunga sehat karena digunakan dalam pengobatan seperti mengatasi rambut rontok, mengobati pilek. Tanamlah tanaman bunga berwarna cerah ini di pekarangan rumah anda untuk menikmati keindahan serta manfaat kesehatan darinya. Tetapi untuk wanita hamil dilarang untuk minum air ramuan ini.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris