Manfaat Buah Pepaya Mentah untuk Kesehatan

13 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Pepaya merupakan salah satu tanaman multiguna. Hampir semua bagiannya bisa digunakan. Mulai dari daun, bunga, buah (baik itu muda dan matang) sampai getah sekalipun. Namun jika didasarkan pada angka statistik, tentu bagian yang paling banyak digunakan adalah buah. Buah yang mana? Tentu buah yang matang sebab rasanya memang segar, manis dan nikmat. Bagaimana dengan buah pepaya muda?

Rasa buah pepaya mentah memang tak seenak pepaya yang sudah matang. Biasanya masyarakat Indonesia mengolah daging pepaya mentah sebagai sayur, atau dikonsumsi sebagai rujak bila setengah matang. Bila Anda pikir pepaya mentah tak memiliki banyak vitamin, maka Anda salah. Pada pepaya yang masih mentah pun terdapat vitamin semacam A, B, C dan E. Ada pula enzim, fitonutrien, kalium, magnesium di dalamnya. Juga zat papain serta chymopapain yang baik bagi perut.

Berikut manfaat pepaya mentah bagi kesehatan:
1.Pencernaan.
Enzim dalam pepaya membantu pencernaan serta mencegah timbulnya gas di sana.

2.Sembelit.
Tak hanya pepaya matang yang dapat mengobati sembelit, namun pepaya muda atau mentah pun dapat sebab zat papain di dalamnya.

3.Kekebalan tubuh.
Karena ada aneka vitamin dalam pepaya mentah, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencegah infeksi juga, dan sakit batuk.

4.Membersihkan kolon.
Jus pepaya muda dapat membantu membersihkan kolon atau usus besar Anda.

5.Meningkatkan produksi ASI.
Anda sedang resah karena produksi ASI berkurang, maka konsumsi saja pepaya muda.

6.Infeksi saluran kemih.
Minum jus pepaya muda dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Bakteri penyebab penyakit itu dapat diatasi oleh pepaya muda.

Jadi bila Anda secara tak sengaja membeli buah pepaya yang masih muda, jangan terburu-buru membuangnya. Kukus atau olah saja menjadi sayur, dan rasakan manfaat dari buah pepaya muda itu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)