Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan dan Kecantikan

30 Agustus 2013 Artikel Kesehatan


Buah pala berasal dari keluarga Myristicaceae. Pohon berkayu yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Jika musim berbuah, pohon ini akan muncul bunga disetiap ujung ranting dan menjadi buah bergerombol berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya tebal berwarna keputihan, buah ini berasa getir dan mengandung banyak getah.

Indonesia merupakan wilayah dengan keanekaragaman tumbuhan dan buah-buahan yang melimpah. Banyak khasiat dari tumbuh-tumbuhanan dan buah-buahan yang masih tersimpan sehingga anda belum tahu semuanya seperti halnya pada buah pala yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, adapun arti dan pengertian dari buah pala ialah buah berumah dua (dioecious) yang dikenal ada jantan dan betinanya. Buah pala merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku (asli Indonesia). Buah yang banyak fungsinya ini bukan hanya digunakan untuk bumbu masakdan manisan. Namun kandungan kimia buah ini juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Khasiat buah pala bagi kesehatan dan kecantikan sebagai berikut:
1.Menghilangkan Jerawat dan Noda

Hilangkan jerawat yang mulai tumbuh dengan cara berikut, campurkan sedikit buah pala yang sudah ditumbuk dengan susu whole milk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang bermasalah atau jerawat, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa. Ranella Hirsch, MD, asisten profesor dermatologi klinis di Boston University School of Medicine mengatakan, buah pala memiliki efek anti radang, sementara susu yang kaya akan protein dan vitamin menenangkan kulit.

2.Pala Pereda Sakit Perut
Buah pala ternyata sejak zaman dulu dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan, diare, dan kembung. Minyak esensial dan zat kimiawi alami lainnya yang ada di dalam buah pala membantu kelancaran saluran pencernaan. Untuk membantu masalah pencernaan, taburkan sedikit, tak lebih dari setengah sendok teh dalam semangkuk oatmeal sarapan setiap hari selama 2 minggu.

3.Membantu Tidur
Jika Anda memiliki masalah untuk tidur, tuangkan segelas susu hangat dan sedikit buah pala bubuk. Susu mengandung tryptophan, asam amino yang berubah menjadi serotonin dalam tubuh, sementara buah pala membantu serotonin bertahan lebih lama.

4.Pala Pereda Sakit Gigi
Bagi yang pernah merasakan sakit gigi, pasti pernah merasakan obat yang dioleskan dokter pada gigi. Rasanya pedas seperti pala. Ya, karena buah pala memang sudah sejak lama digunakan untuk meredakan sakit gigi dan gusi meradang. Coba pijatkan satu-dua tetesminyak pala pada gusi jika terasa sakit atau meradang.Tambahannya, zat dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Jangan terlalu banyak menggunakan bubuk pala karena bisa menyebabkan pusing dan mual.

Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi. Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Berikutnya adalah fuli, sebagian orang menyebutnya dengan bunga pala. Fuli banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Terakhir bagian biji yang berwarna kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masak,parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet.

(Dikutip dari berbagai sumber)