Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

15 November 2017 Artikel Kesehatan


Manfaat buah naga memang masih belum banyak diketahui orang padahal buah yang berasal dari daratan Amerika Tengah ini sudah sangat popular. Buah yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus ini kini banyak dibudidayakan oleh petani lokal karena cara penanamannya yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak.

Saat pertama kali muncul, buah ini memiliki harga yang cukup mahal bahkan sejajar dengan apel impor tapi kini harganya sudah jauh lebih terjangkau. Kandungan zat atau nutrisi di dalam buah naga ternyata memiliki khasiat yang sama seperti manfaat buah apel. Daging buahnya mengandung zat antara lain protein, serat, karbohidrat, fe atau zat besi, Vitamin B1, B2, betakaroten, provitamin A, fosfor, kalsium, niasin dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut beberapa manfaat buah naga;
1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di dalam buah naga cukup tinggi. Itulah sebabnya mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan. Bila anda sering terkena flu khususnya di saat perubahan musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, sebaiknya konsumsilah buah naga secara teratur .

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Jika saat ini anda sedang mengalami masa di mana nafsu makan turun, sebaiknya konsumsilah buah naga. Selain kandungan Vitamin C yang tinggi ternyata di dalam buah naga juga terkandung Vitamin B2 dan B1 yang sudah sejak lama diandalkan oleh dunia pengobatan sebagai penambah nafsu makan, khususnya dalam masa penyembuhan dari penyakit.

3. Menghambat Penuaan Dini
Antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat mengambat proses penuaan dini yang biasa dialami oleh seseorang yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah apel.

4. Merawat Kesehatan Mata
Tak hanya Vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat, karoten juga bermanfaat bagi kesehatan mata yang kita miliki. Di dalam buah naga terdapat karoten yang sangat baik untuk mata.

5. Merawat Jantung Agar tetap sehat
Selain dengan melakukan olahraga yang teratur, makanan yang sehat juga sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Buah naga ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu kesehatan yang bisa dikonsumsi. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 didalam buah yang dijuluki Dragon Fruit ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

6. Mencegah Kanker
Antioksidan selain berguna untuk menghambat penuaan dini juga terbukti ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki rasa hambar sedikit manis dengan biji kecil yang dapat dimakan ini dapat dikonsumsi oleh semua lapisan usia. Namun, ada juga orang yang tidak menyukai buah lembek ini.

7. Merawat Kesehatan Kulit
Apabila anda mempunyai masalah dengan kesehatan kulit seperti halnya jerawat,anda tidak perlu khawatir. Cukup ambil satu buah naga kemudian kupas kulitnya, masukkan kedalam blender dan haluskan. Masukkan buah naga yang sudah halus kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin dan teratur sampai jerawat anda dapat teratasi.

Buah ini adalah antioksidan yang sangat baik sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan kanker. Buah ini memiliki rasa agak hambar. Khasiat buah naga ini bagi tubuh yaitu untuk menetralkan racun, dan juga mengikat logam berat. Cara penyajian yang mudah membuat buah naga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Baik dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus, buah naga tetap lezat untuk dikonsumsi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)