Manfaat Buah Mungil Leci

3 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Tentu Anda sudah mengenal buah mungil ini bukan? Buah leci termasuk dalam buah tropis yang berasal dari daratan China. Rasa asam bercampur manis pada buah leci sangat menyegarkan.

Konsumsi leci secara langsung mungkin belum terlalu umum bagi masyarakat di Indonesia. Umumnya masyarakat mengkonsumsi leci dalam bentuk olahan atau dengan campuran.

Leci memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Menurut penelitian dari Universitas Zhejiang Gonshang dan Rumah Sakit Cina Barat yang berada di Universitas Sichuan, leci memiliki manfaat yang luar biasa.

Kandungan vitamin dan mineral leci per 100 gram buah adalah 72 mg vitamin C, yang artinya 40% lebih banyak dari buah jeruk. Mengonsumsi 9 buah leci dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sehari orang dewasa. Energi yang terdapat dalam leci berasal dari susunan karbohidrat dan gulanya. Leci mengandung polyphenols, lebih banyak 15% dari anggur yang dianjurkan sebagai buah dengan kandungan polyphenol tinggi. Leci kandungan lemaknya rendah dan bebas kolesterol, jadi buah ini cocok jika Anda sedang diet atau ingin menurunkan berat badan.

Nah, berikut manfaat lain dari leci:

Mencegah Anemia

Buah leci kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah hemoglobin di dalam darah dan mencegah anemia.

Membantu Menurunkan Hipertensi

Kadar kalium yang terdapat dalam buah leci sangat tinggi. Kalium sangat berguna untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Potasium, nama lain kalium, juga bagus untuk mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Antioksidan

Leci mengandung oligonol, antioksidan yang mampu memerangi virus flu. Antioksidan tersebut juga dipercaya ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari.

Cegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ganas, tapi kita bisa mencegahnya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi Buah Leci. Antioksidan yang ada pada buah leci bisa mencegah pertumbuhan sel kanker khususnya untuk kanker payudara dan prostat.

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Buah Leci bisa mengurangi kandungan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kandungan HDL atau kolesterol baik dan juga melancarkan peredaran darah ke Jantung.

Memperlancar Pencernaan

Buah leci dapat menekan nafsu makan, membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti

(Dikutip dari berbagai sumber)