Manfaat Buah Mahkota Dewa

20 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Mahkota dewa atau phaleria papuana atau phaleriae fructus adalah tanaman yang populasi asalnya dari Papua.

Buah mahkota dewa berbentuk bulat agak kecil dengan diameter sekitar 4cm, berwarna hijau ketika belum masak dan menjadi merah ketika sudah masak. Kulit buah mengandung saponon, alkaloid dan flavonoid. Daging buahnya berwarna putih dengan biji berwarna cokelat.

Sejak jaman dahulu buah mahkota dewa memang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Buah ini bisa dijadikan obat berbagai jenis penyakit yang menyerang kesehatan kita.

Nah, berikut beberapa manfaat dari buah satu ini:

1. Obat disentri
Caranya: Siapkan 5 buah mahkota dewa yang sudah diiris halus. Kemudian rebus irisan tadi dengan menggunakan 5 gelas air dan biarkan hingga air tersebut tinggal separuhnya. Saring dan dinginkan. Minumlah setiap hari secara teratur 3 kali sehari.

2. Obat hepatitis
Bahan: Daging buah mahkota dewa kering, Pegagan, Sambiloto kering, Daun dewa
Caranya: Cucilah semua bahan sampai benar-benar bersih. Setelah itu rebuslah dengan 6 gelas air dan biarkan hingga tinggal separuhnya. Saring dan diminum sehari 3 kali.

3. Obat tumor dan kanker
Bahan: Daging buah mahkota dewa kering, Temu putih, Sambiloto kering, Cakar ayam kering
Caranya: Rebus semua bahan dengan 4 gelas air dan biarkan sampai air tersebut tinggal separuhnya. Dinginkan dan saring. Minumlah secara teratur 3 kali sehari.

5. Obat eksim atau gatal gatal
Bahan: Daun mahkota dewa secukupnya
Caranya: Tumbuk sampai halus daun mahkota tersebut. Tempelkan pada bagian kulit yang terkena eksimatau gatal gatal dan balut. Ganti ramuan tersebut 2 kali sehari.

6. Obat diabetes mellitus
Caranya: Ambil buah mahkota dewa yang telah matang sebanyak 5 - 6 buah, lalu iris tipis dengan menggunakan pisau dan cuci bersih. Rebus bahan yang telah di iris-iris dalam 5 gelas air, didihkan, dan biarkan air rebusan tersisa untuk 3 gelas. Saring air rebusan, dan dinginkan. Kemudian minum air rebusan yang telah didinginkan 3 kali sehari.

7. Obat rematik dan asam urat
Caranya: Campur 5 gram daging buah mahkota dewa dengan 15 gram akar sidaguri, 10 gram sambiloto kering, cuci bersih semua bahan. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air sampai air rebusan tersisa hingga 3 gelas. Saring air rebusan, tunggu sampai dingin. Kemudian minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ramuan diminum sekurang-kurangnya 1 jam sebelum makan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah mahkota untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S

(Dikutip dari berbagai sumber)