Manfaat Buah Kersen bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

13 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Buah Kersen merupakan buah yang memiliki nama lain buah talok dengan nama latin Muntingia calabura, termasuk family dari tanaman Elaecarpaceae ialah sejenis buah berukuran kecil, rasanya manis, memiliki warna hijau saat muda dan berwarna merah cerah saat matang. Buah ini juga memiliki banyak nama alias sebutan di berbagai daerah di Indonesia, ada yang menamainya ceri (cerry), keres, keresen, karsem, seri, baleci dan lain sebagainya. Pohon kersen bisa kita temui dimana saja karena pohon ini tumbuh liar. Buah Kersen ini hanya bentuknya saja yang kecil tapi manfaat buah kersen sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Meski dikenal sebagai pohon yang dapat tumbuh liar di mana saja, namun manfaat buah kersen tidak kalah dengan buah-buahan yang lain.

Berikut manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh.
1. Anti-tumor

Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu daun kersen ini bisa bersifat anti-tumor.

2. Mengobati asam urat
Manfaat buah kersen yang satu ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Buah kersen dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Caranya komsumsi buah kersen sebanyak 9 butir tiga kali sehari. Hal tersebut telah dibuktikan dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

3. Antibakteri
Buah kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan para medis. Senyawa antibakteri yang kuat juga terkandung dalam buah yang berbentuk kecil ini. Manfaat buah kersen ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh untuk menjaga dari serangan bakteri.

4. Antioksidan
Buah kersen juga mengandung vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh serta melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, manfaat buah kersen yang satu ini juga sangat ampuh dalam mencegah dan mengatasi tumbuhnya jerawat pada wajah. Kandungan antioksidan dalam buah kersen mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara perawatan kulit berjerawat dengan buah kersen sangat mudah. Caranya, ambil buah kersen secukupnya lalu haluskan. Setelah itu oleskan dengan menggunakan cotton but pada jerawat dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari setelah mandi atau mencuci wajah.

5. Anti-inflamasi
Manfaat lain dari rebusan daun kersen adalah memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Rebusan daun kersen juga dapat menurunkan demam tinggi.

6. Mengatasi masalah rambut
Manfaat buah kersen juga dapat mengatasi masalah pada rambut seperti rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, ketombe serta dapat menyuburkan rambut. Caranya sangat mudah seperti melakukan masker rambut di salon.

Selain manfaat buah kersen di atas masih banyak khasiat lain yang terkandung dalam buah kersen, seperti, menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meredakan sakit kepala. Manfaat buah kersen ini sangat mengejutkan, buahnya berukuran kecil tapi manfaatnya segudang. Apakah Anda tertarik untuk menanam pohon kersen di rumah?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)