Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

2 April 2018 Artikel Kesehatan


Seperti halnya olahraga yang lain, berenang juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini akan menghindarkan kita dari obesitas, meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stres, nyeri punggung, meningkatkan tinggi badan, dan bahkan kanker payudara. Berenang dengan cara tertentu juga bermanfaat bagi kehamilan.

Berenang adalah pengalaman yang menggembirakan, dan paling terpenting banyak manfaat unik bagi kesehatan. Manfaat berenang juga berhubungan dengan perasaan yang menyenangkan, relaksasi, dan rekreasi. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi mekanisme tubuh kita juga. Di waktu sedang panas, berendam di air akan membantu mengurangi panas tubuh, sehingga menyegarkan dan bisa meremajakan kembali energi kita.

Sebuah studi dilakukan di University of Extremadura di Spanyol, berenang di air hangat bahkan bisa meringankan rasa sakit-sakit pada tubuh.Berenang akan membuat seluruh otot tubuh bekerja, sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular. Dengan demikian, tubuh akan menerima asupan yang maksimum melalui berenang.Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih menyukai melakukan bentuk olahraga yang menyenangkan, sehingga semakin banyak orang yang terlibat dalam olahraga yang berhubungan dengan air.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga renang:
1. Jantung yang lebih sehat

Selain mengencangkan otot yang terlihat seperti otot dada (pectoralis),otot trisep dan paha depan, berenang juga membantu meningkatkan otot yang paling penting dalam tubuh kita yakni Jantung.Karena berenang adalah latihan aerobik, maka ia berfungsi untuk memperkuat jantung, tidak hanya membantu otot jantung menjadi lebih kuat, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa hanya denga 30 menit latihan per hari, seperti berenang, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen. Selain itu ia juga baik dalam mengontrol tekanan darah/tensi.

2. Mencegah Obesitas
Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.

3. Menguatkan otot -otot
Orang yang berenang secara teratur memiliki jantung yang kuat dan stamina otot yang lebih baik . Mereka juga mungkin bisa menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif .

4. Menghilangkan Stres
Ini adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik .

5. Bisa bikin Panjang umur
Semua orang mengharapkan panjang umur, dan pasti Anda juga begitu. Nah, dengan olah raga renang ternyata mampu memperpanjang umur. Perenang memiliki resiko kematian 50% lebih rendah dibandingkan orang yang pasif atau tak pernah berolahraga.

6. Meningkatkan tinggi badan
Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

Semoga setelah membaca artikel di atas Anda dapat menjadikan renang sebagai alternatif olahraga Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)