Manfaat Berbuka Puasa dengan Buah Kurma

22 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Buah kurma adalah makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Makanan yang begitu mudah kita temui pada bulan Ramadhan ini akan memberikan energi kepada kita ketika berbuka setelah berpuasa seharian penuh. Rasa manis alaminya akan memberikan kenikmatan saat pertama kali disantap ketika berbuka puasa. Selain itu, mengonsumsi buah kurma ketika berbuka juga akan membuat perut terasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, kita bisa lebih mengontrol nafsu makan saat berbuka agar tidak makan berlebihan.

Berikut manfaat buah kurma untuk buka puasa:
1. Mudah dicerna

Memakan buah kurma setelah berpuasa seharian penuh tidak akan mengagetkan perut. Ini karena buah kurma lebih mudah dicerna sehingga sangat bagus untuk perut. Buah kurma yang dimakan akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama menjalani puasa.

2. Mengandung gula alami
Buah kurma mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang merupakan gula alami dan baik untuk menstabilkan gula darah setelah satu harian penuh berpuasa. Tetapi, kurma juga merupakan buah yang rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengembalikan energi tubuh.

3. Tinggi kandungan serat
Buah kurma merupakan buah-buahan kering yang sedikit mengandung air, akan tetapi kandungan seratnya cukup baik bagi tubuh. Kurma akan mencegah sembelit selama bulan puasa akibat tubuh kekurangan cairan.

4. Sumber energi
Kurma merupakan sumber energi karena kandungan glukosa yang terdapat di dalamnya. Dengan mengonsumsi kurma saat berbuka merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan energi setelah berpuasa satu harian penuh. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya batasi makan kurma karena kandungan glukosa yang tinggi kurang baik untuk diabetes.

5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Buah kurma memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung mengalami peningkatan ketika saat berbuka puasa. Biasanya tingkat keasaman darah naik karena setelah mengonsumsi daging dan karbohidrat ketika makan saat berbuka puasa. Untuk menghindari hal itu, disarankan untuk mengkonsumsi kurma terlebih dahulu sebelum menyantap menu buka puasa.

Itulah manfaat buah kurma untuk berbuka puasa. Tetapi, jangan makan kurma secara berlebihan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)