Manfaat Ampuh Buah Mengkudu untuk Kesehatan

25 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Buah mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini sering juga disebut sebagai buah noni. Meskipun tidak banyak yang menyukai buah satu ini, ia memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja, buah mengkudu yang banyak ditemukan di daerah tropis ini memiliki rasa khas. Mengingat begitu banyak manfaatnya untuk tubuh, tidak heran jika buah mengkudu sering digunakan sebagai jamu.

Inilah beberapa manfaat ampuh dari buah mengkudu.
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkudu bisa mengaktifkan makrofag sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena membantu tubuh menghasilkan lebih banyak limfosit, tidak heran jika buah ini juga bermanfaat sebagai penangkal bakteri, virus, dan infeksi jahat. Zat antibakteri pada buah mengkudu disinyalir bahkan mampu melawan bakteri menular seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

2. Hipertensi
Kandungan vitamin C, selenium dan fitobutrien pada buah mengkudu disebut-sebut baik untuk mengobati dan melawan hipertensi. Nutrisi pada buah ini bisa melawan dengan baik kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Tentu hal ini bisa membantu tubuh mengatur tekanan darah ke dalam kondisi normal.

3. Meredakan nyeri
Kandungan nutrisi pada buah mengkudu disinyalir mampu menjadi obat yang baik untuk sakit nyeri. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah dengan banyak biji bisa mengurangi rasa sakit baik sakit kepala ataupun nyeri akibat rematik dan sejenisnya.

4. Memperbaiki suasana hati
Mengkonsumsi buah mengkudu bisa membantu tubuh merangsang perbaikan hormon seratonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut sangat penting karena bersifat menjaga suasana hati, emosi dan tidur seseorang. Dengan konsumsi buah mengkudu, maka serotonin dan melatonin dalam tubuh bisa terjaga. Hal ini memungkinkan tubuh tetap rileks, nyaman, dan mengurangi depresi.

5. Anti kanker
Buah mengkudu merangsang oksida nitrat suatu zat yang berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor maupun sel kanker. Buah ini juga memiliki nutrisi berupa fitokimia dimana nutrisi ini baik dalam melawan tumor dan sel kanker.

Jika Anda tidak suka memakannya secara langsung. Untuk mendapatkan kenikmatan buah mengkudu, buatlah jus dari buah ini. Tambahkan madu murni untuk mendapatkan rasa manis dan aroma wangi. Tidak ada salahnya Anda mencoba hidup sehat dengan konsumsi buah mengkudu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)