Manfaat Alami Gula Merah untuk Tubuh

17 November 2019 Artikel Kesehatan


Anda mungkin salah satu yang menyukai makanan yang manis, dan salah satu makan yang manis dengan banyak manfat seperti untuk bahan memasak minuman atau makanan adalah gula merah atau yang biasa di kenal juga sebagai gula jawa. Gula yang terbuat dari pohon aren ini memang memiliki rasa manis yang khas yang tidak membosankan dan gurih di lidah. Hal ini juga yang menjadi kelebihan gula merah sehingga tidak boleh terlewatkan menjadi bahan utama membuat makanan tradisional dan minuman manis zaman dahulu. Namun bukan hanya dijadikan sebagai pemanis makanan dan minuman, gula merah ternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh diragukan.

Ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan makan gula merah:
1. Meredakan sakit perut
Jika Anda ingin meredakan nyeri sakit perut atau sakit pencernaan lainnya seperti diare, kembung atau masuk angin, maka ambil saja gula merah. Cukup ambil satu ruas ibu jari dan seduh dengan air hangat. Minum begitu saja. Ini akan meringankan nyeri dan membersihkan saluran pencernaan. Hangatnya gula merah dan air akan membuat perut mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut dan melegakan perut kembung atau masuk angin. Nyeri diare juga bisa lebih ringan. Gula merah juga bisa dijadikan obat untuk keracunan makanan.

2. Mencegah anemia dan nyeri haid
Gula merah juga kaya zat besi. Sangat baik untuk mencegah anemia, terutama bagi perempuan, karena perempuan lebih sering mengalami anemia. Jika Anda sudah mulai pusing dan lelah menyerang, minum secangkir seduhan gula merah, dan istirahat untuk beberapa saat. Biasanya saat menstruasi, wanita berisiko besar mengalami anemia. Meskipun memang tidak semuanya mengalaminya, namun gula merah akan memberikan energi agar tubuh tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas ketika sedang menstruasi. Campuran gula merah dan asam jawa akan meredakan nyeri atau kram saat menstruasi.

3. Untuk kesehatan kulit
Gula yang satu ini juga baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Pakai masker gula jawa karena bisa menyingkirkan jerawat dan membuat kulit halus jika dijadikan scrub karena mengangkat sel-sel mati. Tidak heran jika banyak tempat perawatan tubuh juga menambahkan gula jawa untuk mengangkat kotoran di kulit. Gula merah bisa juga ditambahkan dengan kunyit untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.

4. Mencegah batuk dan demam
Gula merah memiliki sifat mendinginkan sehingga boleh dikonsumsi ketika Anda terkena batuk kering dan demam. Caranya cukup diseduh tau dicampurkan ke menu makanan. Gula merah ini bisa membantu Anda untuk mengencerkan dahak dan membikin batuk cepat reda.

5. Memberikan energi
Karena gula merah merupakan karbohidrat, akan sangat baik memberikan energi, apalagi untuk pasien yang masih lemas atau baru saja sembuh dari penyakit. Glukosa pada gula merah cukup mudah dicerna dan tidak menyulitkan penderita untuk mengonsumsinya. Gula merah akan memberikan asupan energi yang dibutuhkan agar cepat sembuh. Ini adalah obat yang paling enak ketika anak-anak tidak mau minum obat. Untuk menghindari anak lemas dan kehilangan banyak energi, bisa dengan cara menyeduh gula merah.

Jadi, ingin minum obat alami yang jauh dari kata pahit namun tetap bisa menjaga kesehatan tubuh? Gula merah jawabannya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)